Identitas

Makna Lambang UMY

Lambang UMY Berbentuk gambar matahari dengan dua belas sinar yang memancar ke segenap penjuru, dengan warna kuning keemasan, diambil dari lambang Persyarikatan Muhammadiyah.

Di tengah-tengah matahari tertulis Muhammadiyah, dengan huruf arab yang berarti pengikut Nabi Muhammad SAW.

logo-UMY

Pada lingkaran luar sebelah atas tertulis syahadat tauhid dengan huruf arab: "Asyhadu Anlaa ilaaha illa Allah", yang artinya "Saya bersaksi bahwasanya tiada Tuhan selain Allah". Pada lingkaran luar sebelah bawah tertulis syahadat rasul dengan huruf arab: "wa Asyahadu anna Muhammadan Rasulullah", yang artinya "dan saya bersaksi bahwasanya Muhammad SAW adalah utusan Allah".

Gambar matahari melambangkan daya vitalitas dan dinamika yang memancar dari dalam dirinya sendiri, yang memberikan kehidupan kepada lainnya.

Muhammadiyah mentamsilkan dirinya sebagaimana matahari yang akan memancarkan sinar kehidupan rohani, yang intinya terletak dalam dua kalimat syahadat kepada siapapun yang di temuinya (Al-Anfal:24).

Dua belas sinar matahari melambangkan semangat kaum Hawary, yaitu dua belas sahabat Nabi Isa AS yang senantiasa siap berjuang demi kemuliaan Agama Islam. Muhammadiyah mentamsilkan dirinya sebagai kaum Hawary yang memiliki semangat juang yang sangat tinggi untuk melaksanakan dakwah Islam Amar ma'ruf nahi munkar di mana dan kapanpun juga dengan dilandasi motivasi semata-mata mencari keridlaan Allah SWT (As-Shaff:14).

Lambang Matahari dijadikan inti lambang Universitas sekaligus memberikan penegasan bahwa UMY merupakan salah satu amal usaha Muhammadiya berdiri dibawah panji-panji Persyarikatan Muhammadiyah dan oleh karena itu seluruh nafas, gerak dan aktifitasnya senantiasa wajib diselaraskan dengan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah.

Padi dan kapas yang melingkari matahari melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran.

UMY merupakan lembaga pendidikan tinggi yang didirikan oleh Persyarikatan Muhammadiyah, bertujuan untuk terwujudnya sarjana muslim berakhalq mulia, yaitu cendikiawan yang siap mengemban misi selaku khalifah Allah di atas bumi, yang tugas utamanya mengupayakan terwujudnya kehidupan masyarakat yang makmur sejahtera.

Lima kelopak bunga yang melingkar melambangkan Pancasila sebagai dasar dan falsafah negara Republik Indonesia. dan sekaligus melambangkan dinul islam yang ditegakkan di atas lima prinsip.

Dua Kalimah Syahadat, shalat, Puasa Ramadhan, Menunaikan zakat dan haji ke baitullah. lima elopak bunga ini melatarbelakangi gambar matahari yang dilingkari oleh padi dan kapas.

Diluar padi dan kapas tertulis secara melingkar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Seluruh lambang berada di atas warna dasar hijau daun, melambangkan sifat kesabaran, ketelitian dan keihlasan, artinya bahwa dalam melaksanakan tugas utamanya seluruh unsur yang terlibat di dalam universitas harus dilandasi dengan prinsip kesabaran, ketelitian dan keihlasan semata-mata mencari Ridla Allah SWT.

Bendera Fakultas

Bendera UMY warna dasar hijau daun dengan lambang UMY dan tulisan warna kuning emas. Warna dasar bendera fakultas adalah sebagai berikut:

Bendera Fakultas

Moto

Motto merupakan suatu penegasan komitmen seluruh sivitas akademika untuk mempersatukan tekad dan semangat dalam mencapai target-target pengelolaan Universitas dalam jangka waktu tertentu yang ditetapkan dengan Keputusan Rektor.

UMY Motto

Hymne UMY

Lagu/syair Hymne UMY : Agus Kurnia Wibowo

Tegak berwibawa pancarkan cahayanya
Jiwa nan islami dan tulus mengabdi
Teguhkan iman teguhkan keyakinan
Berjuang demi sluruh umat madani
Merahnya smangat juang citra kebenaran
Selalu menjunjung tinggi Aqidah Islami
Putih tulus murni pancaran Ilahi
Berbudi pekerti luhur dan berbakti
Ikrar bakti Muhammadiyah rajin trampil berwibawa
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berpribadikan
Wujudkan iman dan taqwa seluruh umat manusia
Slalu tumbuh dan bersemi dalam jiwa insani

Mars UMY

Lagu/Syair Mars UMY: Agus Kurnia Wibowo

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Wadah kaum muda bertaqwa
Berbakti untuk nusa dan bangsa dan berjiwa ksatria
Wujudkan sarjana muslim berakhlaq mulia,
Cakap, percaya pada diri sendiri
Berguna bagi masyarakat dan negara dan civitas akademika
Kami tunas-tunas muda Muhammadiyah
‘kan selalu setia mencerdaskan kehidupan bangsa
Demi negara kita Republik Indonesia