Peserta Luar Pulau Jawa Kagum Pelaksaan pawai PIMNAS

Juli 10, 2012 oleh : BHP UMY

 Rangkaian acara pertama dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 25 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang menghadirkan pawai para peserta berlangsung cukup meriah Senin Sore (9/7). Pawai yang mengantarkan para peserta PIMNAS 25 UMY menggunakan andong dari Asri Medical Center (AMC) UMY dan berakhir di halaman Kraton Yogyakarta. Pawai yang juga mengikut sertakan Maskot “Lombok Abang” sebagai maskot resmi PIMNAS 25 UMY disambut meriah pula oleh para warga Yogya yang berdiri menyemut mengelilingi perjalanan arakan pawai.

Setiap andong dari total  30 andong yang mengikuti rangkaian pawai ini  diisi oleh lima orang terdiri dari empat orang peserta PIMNAS dan satu orang LO(Liaison Officer). Sehingga total peserta yang mengikuti pawai ini adalah 150 orang. Para peserta tersebut menaiki andong dengan menggunakan pakaian adat masing-masing daerah.

Jalanya pawai rangkaian acara pembuka PIMNAS 25 UMY tak luput dari perhatian para peserta PIMNAS terutama yang berasal dari luar pulau Jawa. Kebanyakan para peserta PIMNAS 25 mengaku kagum atas pelaksanaan pawai sebagai rangkaian acara pembuka PIMNAS 25 UMY.

Seperti yang diutarakan oleh Yuni, Yuli, dan Riska dari Universitas Mulawarman. Pawai kali ini adalah pengalaman pertama mereka ke Yogya dan merasa tersanjung langsung mengikuti pawai. “Luar biasa dan keren untuk pawai kali ini”, kesan dari Yuni salahsatu peserta PIMNAS 25 asal univ Mulawarman.

Kekaguman yang sama juga diutarakan oleh peserta PIMNAS 25 dari Univ Ganesha Bali. Mereka mengutarakan bahwa pawai dengan maskotnya sungguh dahsyat luar bisa. “Senang sekali kami bisa mengikuti pawai seperti ini. Ini pertama kalinya, lebih seru kalau tidak ada pengendara motor yang mengganggu pawai.” tutur salah satu peserta setelah mengikuti pawai.

Dari IKIP PGRI Madura juga menimpali bahwa pagelaran pawai sebagai rangkaian acara pembuka PIMNAS 25 UMY dengan maskotnya yang unik mencerminkan bahwa sisi akademik dapat berakulturasi dengan seni maupun budaya pada pelaksanaan PIMNAS 25 UMY tahun ini.

Keberhasilan penyelenggaraan Pawai ini juga tidak lepas dari dukungan pihak kepolisian, Menurut Koordinator Pawai PIMNAS, Endro Dwi Hatmoko ditemui dalam kesibukannya mengawasi jalanya pawai menjelaskan bahwa pihaknya telah melakuakan koordinasi dengan pihak Satlantas Kota untuk mengamankan pawai. “Kami sudah melakukan koordinasi sejak 3 hari yang lalu. Mengenai koordinasi dengan pihak polsek yang dilewati pawai, kami serahkan kepada pihak satlantas. Personel kepolisian yang diturunkan sekitar seratus orang” tambahnya.

Menurut Ipda Paimin selaku koordinator lapangan dari Kepolisian Sektor (Polsek) Wirobrajan, pengamanan dilakukan dari titik pemberangkatan sampai Alun-alun Kraton Yogyakarta demi kelancaran kegiatan. “Pawai juga akan melewati 5 wilayah Polsek yaitu Wirobrajan, Tegal Rejo, Gedung Tengen, Danurejan, dan Gondomanan. Koordinasi personel yang bertugas akan dilakukan oleh Polsek terkait.”

Sharing is caring!