Perwakilan Library Of Congress Kunjungi LP3M UMY

Agustus 19, 2014 oleh : BHP UMY

Carol L. Mitchell, Ph.D, Sandra KN Tjahjana, dan Hilman Latief, Ph.D saat di LP3M UMY

Carol L. Mitchell, Ph.D, Direktur Bidang perwakilan Library Of Congress (LOC) Amerika Serikat yang berada di Jakarta, hari ini, Selasa (19/8) mengunjungi Lembaga Pengembangan Pendidikan, Penelitian dan Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Dalam kunjungan yang diterima langsung oleh Kepala LP3M UMY, Hilman Latief, Ph.D, Carol menyampaikan maksud kedatangannya untuk mengetahui lebih jauh mengenai riset dan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa UMY.

Selain itu, Carol juga menjelaskan bahwa berbagai macam penelitian dan riset, baik yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa di Amerika Serikat, bisa tersebar ke seluruh perpustakaan akademik di Amerika. Penelitian dan riset itu pun mencakup semua bidang, termasuk isu-isu populer yang sedang berkembang di tengah masyarakat. “Ada penelitian dan riset yang membahas isu tentang kebijakan, kebudayaan, sosial, bahkan dalam dunia hiburan seperti film. Dan semua penelitian itu masuk serta tersebar dalam perpustakaan-perpustakaan akademik di Amerika,” ungkapnya.

Kedatangan Carol yang tidak hanya seorang diri, namun ditemani oleh Sandra KN Tjahjana, Kepala ABA Section ke LP3M UMY itu pun untuk menjajaki kerjasama riset dan pertukaran buku-buku hasil penelitian dari kalangan dosen maupun mahasiswa UMY.

Sementara itu, Hilman Latief, Ph.D menjelaskan berbagai macam penelitian dan riset yang telah dilakukan dan dikembangkan oleh UMY. Ia menyontohkan salah satunya seperti penelitian dan riset mengenai bahaya rokok, yang tergabung dalam komunitas Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) UMY. Menurutnya, para peneliti yang tergabung dalam MTCC UMY itu tidak hanya berasal dari fakultas kedokteran saja, tapi juga fakultas lainnya. “Ini merupakan penelitian yang dilakukan antar fakultas di UMY. Karena yang diteliti bukan hanya masalah yang berkaitan dengan dunia medis, tapi juga hal lainnya, seperti kondisi sosial masyarakat dan kebijakan pemerintah” ungkapnya.

Hilman juga berharap, adanya kunjungan tersebut juga bisa menghasilkan kerjasama dalam hal penelitian dan riset. Sebab menurutnya, LP3M UMY masih membutuhkan banyak kolaborasi riset dan penelitian untuk mengetahui berbagai isu yang terbaru.

 

 

Sharing is caring!