Personal Branding Harus Beda Dengan Yang Lain

Juni 3, 2010 oleh : BHP UMY

Ketika batas-batas dunia sudah mulai diruntuhkan globalisasi dan perkembangan dunia telekomunikasi dan informasi, saat ini setiap individu bisa memperkenalkan dirinya kepada dunia melalui jaringan sosial maupun blog serta layanan lain yang menawarkan komunikasi di internet.  Bagi seseorang yang ingin melakukan Personal branding atau promosi diri khususnya melalui internet harus memiliki sesuatu yang layak ditawarkan dan apa yang hendak kita tawarkan harus berbeda dari yang lain. Banyak hal yang ditawarkan, bisa kemampuan diri, pengetahuan, maupun produk.

Demikian diungkapkan oleh penulis buku Flexibel Marketing dan Personal Branding, DR. Freddy Rangkuti dalam Talkshow Personal Branding Through Your Blog yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakartan (UMY) bertempat di Kampus Terpadu UMY, Kamis (3/6).

Menurut Freddy, agar personal branding ini menjadi sukses dan diketahui oleh banyak orang,  seseorang harus memiliki spesialisasi dan diferensiasi yang membedakan dirinya dengan orang lain. Selain spesialisasi, personal branding bukan hanya masalah penawaran produk tapi juga tentang pembentukan persepsi. Persepsi bisa di bentuk dan seseorang bisa membentuk image dari negatif menjadi positif ataupun sebaliknya. “Dan jika ingin sukses dalam personal branding jangan hanya terpaku pada target jangkan pendek seperti uang namun juga jangka panjang yakni dikenal banyak orang,”papar dosen Fakultas Ekonomi (FE) UMY ini.

Senada dengan Freddy, Romi Satria Wahono, CEO PT. Brainmatics dan Founder Komunitas IlmuKomputer.com yang juga menjadi pembicara dalam Talkshow tersebut memaparkan beberapa hal yang bisa dilakukan dalam usaha promosi di internet. Salah satunya adalah membangun kreatifitas di dunia maya, Romi mencontohkan para pembuat situs dan jejaring sosial yang marak di internet seperti facebook, wordpress google, yahoo, adalah orang biasa yang bisa berkreatifitas melalui internet. “Pada akhirnya mereka berada dalam deretan orang terkaya di dunia,”imbuhnya.

Selain itu, Romi juga menekankan agar para individu yang melakukan personal branding hendaknya fokus pada  core competence atau kompetensi yang ia memiliki. Romi mencontohkan dirinya yang berlatar belakang ilmu komputer membuat blog dan situs yang membahas mengenai isi ilmu komputer. Sehingga orang yang membaca pun mendapatkan pengetahuan dari blog atau tulisan yang kita buat. “ Usahakan seminimal mungkin menggunakan blog untuk bercerita hal-hal pribadi,”urainya.

Menurut Romi, saat ini banyak orang yang cerdas dan memiliki segudang pengetahuan namun kurang dikenal di masyarakat. Romi melihat hal ini dikarenakan mereka jarang menulis dan membagi pengetahuan yang dimilikinya lewat internet. “ Semakin banyak berbagi pengetahuan sebenarnya akan lebih baik dan berguna,”imbuhnya.

Di lain sisi, Kepala Biro Sistem Informasi (BSI) UMY, Wahyudi, ST, MT, mengungkapkan bahwa Talkshow Personal Branding Trough Your Blog ini bertujuan untuk menstimulus para karyawan dan seluruh civitas akademika UMY untuk melakukan promosi diri melalui internet. Karena dalam kurun waktu Juni hingga Juli 2010, UMY akan mengadakan Weblogmetrik. Weblogmetrik ini bertujuan untuk membuat 20 blog terbaik untuk para karyawan dan dosen berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan dan blog yang terbaik akan mendapatkan hadiah. “Weblogmetrik  ini akan terus dilakukan setiap semester,”tandasnya.

Sharing is caring!