Perluas jangkauan global, UMY Launching Sistem Pembayaran SPP dan KRS Online

Untuk meningkatkan pelayanan yang efisien dan memperluas jangkauan global, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meresmikan program pembayaran SPP, DPP dan KRS secara online.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Suryo Pratolo, M.Si Wakil Rektor bidang akademik UMY dalam Launching Program Pembayaran SPP, DPP dan KRS Online di Kampus Terpadu UMY, Jumat (20/1).

Suryo menjelaskan dalam program ini UMY bekerja sama dengan  Bank Pembangunan Daerah Syariah DI. Yogyakarta (BPD Syariah DIY) dan Bank Tabungan Negara (BTN). “Program ini didukung oleh Bank BPD Syariah DIY dan Bank Tabungan Negara, sehingga memudahkan mahasiswa untuk melakukan pembayaran melalui Bank dan ATM serta pengisian KRS melaluiwebsite baik itu yang berada di dalam maupun luar Jawa,” jelasnya.

Suryo menambahkan, dari tahun ke tahun UMY mengalami peningkatan jumlah mahasiswa yang signifikan. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya mahasiswa dari berbagai daerah di luar pulau Jawa yang memilih untuk mengenyam pendidikian di UMY.

“Untuk pembayaran  via teller dapat dilakukan mahasiswa di seluruh kantor Bank BPD DIY dan bank BTN dengan menunjukkan kartu mahasiswa UMY dan menyebutkan jenis pembayaran SPP, DPP atau KRS. Sementara untuk via ATM mahasiswa difasilitasi dengan UMY Card dari Bank BPD Syariah DIY, maka mahasiswa cukup datang ke ATM BPD DIY atau berlogo ATM Bersama lalu mengikuti petunjuk yang ditampilkan pada layar ATM. ” tambahnya.

Lebih lanjut Suryo menuturkan, program ini juga diluncurkan dalam mendukung visi universitas yang berupaya memperluas jangkauan global. Slogan “Muda Mendunia” menjadi tema yang diupayakan untuk diwujudkan universitas yang memasuki tahun ke-30 ini. “Dengan adanya sistem online ini, tidak hanya mahasiswa Indonesia saja, kemudahan dalam melakukan proses-proses administrasi juga dirasakan oleh mahasiswa dari luar negeri, misalnya dari Thailand dan negara lain.” ujarnya

Senada dengan hal tersebut, Rektor UMY, Ir. H. Dasron Hamid, M.Sc., program ini akan membantu orang tua mahasiswa untuk mengontrol perkembangan akademik mahasiswa seperti  nilai mata kuliah , biaya, dan hal lain yang menyangkut administrasi di kampus. “Dengan begitu, akan ada keterbukaan antara pihak universitas dan orang tua mahasiswa  sehingga dapat meningkatkan kinerja dari segenap staff dalam melakukan pengelolaan di UMY” Harapnya.

© 2013 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY | About the site