Perkuat Kerjasama Akademik, UMY Gandeng Yamagata University

April 19, 2017 oleh : BHP UMY

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan secara global dan menguatkan kerjasama akademik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri. Kali ini UMY menggandeng Yamagata University, salah satu universitas ternama di Jepang yang juga termasuk dalam jajaran 500 perguruan tinggi terbaik dunia.

Mengawali kerjasama tersebut, UMY dan Yamagata University melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) pada Kamis (6/4) di Yamagata University, Jepang. Penandatanganan MoU tersebut dilakukan langsung oleh Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP dan Executive Director and Vice President Academik and Student Affairs Yamagata University, Dr. Hironori Yasuda.

Menurut Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP sebagai bagian dari lembaga pendidikan Muhammadiyah, sudah saatnya bagi UMY untuk semakin membuka diri dan wawasannya. Dengan cara mengadakan dan meningkatkan kerjasama dengan perguruan tinggi – perguruan tinggi di luar negeri. “Tahun ini UMY telah banyak melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi di sekitar kawasan Asean. Sekarang sudah saatnya UMY keluar dari zona 1, menuju zona 2 yaitu ke negara-negara Asia, termasuk Taiwan, Korea, dan juga Jepang,” ujar Gunawan, pada Kamis (6/4) seusai melakukan penandatangan MoU dengan Yamagata University.

Gunawan juga mengatakan bahwa Yamagata University merupakan universitas yang memiliki rangking cukup baik di tingkat dunia. Selain itu, Yamagata University juga memiliki keunggulan dalam bidang teknologi dan pertanian yang berwawasan lingkungan. “Jadi harapannya dengan dilakukannya MoU ini dapat meningkatkan kredibilitas akademik UMY agar bisa berkembang lebih baik. Dan langkah kerjasama ini kami harap juga bisa menyambut kerjasama-kerjasama lainnya yang bersifat strategis, baik dengan perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri,” imbuh Gunawan lagi.

Sementara itu, Dr. Hironori Yasuda mengungkapan bahwa kerjasama yang terjalin antar kedua universitas mencakup berbagai bidang, diantaranya pertukaran pelajar, joint riset dan visiting professor. “Kami berharap dengan adanya kerjasama ini akan semakin meningkatkan kualitas masing-masing universitas. Dan melalui pertukaran pelajar, diharapkan mahasiswa nantinya dapat melakukan perkembangan riset, mendapatkan ilmu baru dalam hal budaya, dan bisa lebih terbuka cara berfikirnya,” ujar Yasuda.

http://www.yamagata-u.ac.jp/en/information/info/new-academic-exchange-agreement-signed-with-universitas-muhammadiyah-yogyakarta-%281746%29/

Sharing is caring!