Peringati Milad, Menwa UMY Adakan Temu Alumni

Maret 5, 2012 oleh : BHP UMY

Dalam rangka memperingati Milad ke-25, Resimen Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Menwa UMY) mengadakan Temu Kangen Alumni, Sabtu hingga Minggu (3-4/3). Organisasi bernama lengkap Menwa Satuan 017 UMY ini mengadakan kegiatan sekaligus memperingati Milad UMY ke-31, 1 Maret lalu.

Menurut Komandan Satuan Menwa UMY Sutoyo, sekitar 50 alumni Menwa UMY dari seluruh Indonesia bersama 15 anggota Menwa aktif dijadwalkan akan mengikuti rangkaian acara. Acara dibuka Sabtu (3/3) di Ruang Sidang AR Fahrudin B Kampus Terpadu UMY. Acara akan dilanjutkan dengan sarasehan di Kampus Terpadu UMY dilanjutkan malam keakraban, pentas seni, dan outbond di daerah Kaliurang.

Menurut Sutoyo, Unit Kegiatan Mahasiswa Menwa UMY didirikan pada 1 Maret 1987 oleh 7 orang mahasiswa dari semua fakultas di UMY. Menwa didirikan untuk menyalurkan bakat dan melakukan pengabdian mahasiswa berwujudkan kegiatan sosial masyarakat. Kegiatan tersebut misalnya donor darah, pemberian sembako, maupun menjadi relawan bencana alam. Pembentukan karakter untuk menjadi pemimpin masyarakat juga menjadi visi organisasi ini. “Hingga tahun ini, hamper 130 orang dari berbagai fakultas tercatat pernah bergabung di Menwa UMY selama mengenyam pendidikan di UMY” jelas Mahasiswa Fakultas Hukum UMY ini.

Sementara Rektor UMY Ir. H. M. Dasron Hamid M.Sc. yang memberikan sambutan pada pembukaan acara tersebut menjelaskan, Menwa UMY menjadi warna yang berbeda di UMY. Menwa UMY hingga kini telah mencetak orang-orang besar yang langsung terjun di masyarakat. Beberapa alumni bahkan aktif di berbagai kegiatan yang berbeda dengan bidang pendidikan yang diterima di UMY dulu. “Ini mebuktikan bahwa dengan bermacam-macam kegiatan yang diadakan, Menwa UMY telah mampu memberi manfaat dalam pembentukan karakter sehingga para anggotanya memiliki kemampuan di segala bidang”.

Organisasi mahasiswa, menurut Dasron memang menjadi suatu hal yang penting. Di organisasilah sebenarnya mahasiswa mengembangkan diri sehingga nantinya menopang kesuksesan. Orang-orang yang akitf di organisasi seperti Menwa UMY akan cepat beradaptasi saat nantinya lulus dan terjun ke masyarakat. “Apalagi Menwa selama ini aktif melakukan pengabdian kepada masyarakat misalnya di saat bencana alam dan Muktamar Muhammadiyah lalu. Dengan sejumlah kegiatan yang ada, saya harap ini sekaligus menjadi momen untuk mensyiarkan UMY dan Muhammadiyah” pungkasnya.

Sharing is caring!