Peringati Hari Guru, Amcor dan PBI UMY Gelar Workshop Creative Teaching

November 26, 2016 oleh : BHP UMY

umy-english-teachers-workshopDalam rangka memperingati Hari Guru Nasional di Indonesia dan International Education Week di Amerika, American Corner bersama Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UMY menggelar workshop Creative Teaching. Workshop yang diselenggarakan pada Jum’at (25/11) di Ruang Sidang Perpustakaan UMY ini dihadiri oleh Jeanie Cook, seorang English Language Fellow dari RELO (Regional English Language Office) Kedutaan Besar Amerika di Jakarta sebagai pembicaranya.

Acara ini diikuti oleh para guru sekolah mitra PBI UMY (SMP dan SMA Muhammadiyah di Yogyakarta) dan guru-guru yang tergabung dalam JETA (Jogja English Teachers Association). Workshop yang berlangsung selama dua jam ini juga diawali dengan persembahan tarian pembuka dari volunteer American Corner UMY yang membawakan tarian Sunda serta persembahan Himne Guru.

Dalam sambutan pembuka, Sri Sudarsi selaku Kepala Prodi PBI UMY menyampaikan bahwa seharusnya pada Hari Guru tersebut para guru bisa memanjakan dirinya, karena hari itu merupakan hari mereka. Namun sebaliknya, para guru yang memiliki dedikasi tinggi tersebut justru mau datang berbondong-bondong ke American Corner UMY untuk update ilmu.

Hal senada juga disampaikan Jeanie Cook selaku pemateri. Ia memberikan apresiasi yang tinggi bagi guru-guru tersebut, yang sudah bersedia hadir dalam workshop tersebut. Apalagi workshop kali ini merupakan workshop pertama Jeanie di Yogyakarta dengan para guru sekolah menengah. Selama workshop tersebut, peserta juga diajak berkontribusi aktif sehingga membuat para peserya antusias dalam mengikuti workshop.

Sementara itu, menurut Puthut Ardianto, selaku penggagas kegiatan menjelaskan bahwa workshop tersebut digelar karena Hari Guru di Indonesia bertepatan dengan Perayaan International Education Week di Amerika, sehingga perayannya dilakukan dalam waktu yang sama. “Selain itu, kami juga ingin agar acara ini didedikasikan bagi para guru. Amcor sendiri menggelar perayaan International Education Week ini selama dua hari, yaitu Jum’at (25/11) dengan menggelar workshop bersama para guru, dan Sabtu (26/11) dengan agenda “Meet the Alumni” yang ditujukan bagi mahasiswa yang ingin mengetahui studi lanjut di USA,” jelasnya melalui rilis yang diterima BHP UMY pada Sabtu (26/11).

Pada acara “Meet the Alumni” ini menurut Puthut juga akan menghadirkan dua alumni USA yaitu Arifah Mardiningrum, MA dan Mariska Intan Sari, MA. Keduanya adalah dosen di Prodi PBI UMY yang akan berbagi informasi mengenai studi lanjut di USA, khususnya bagaimana menulis Study Objective dan tips untuk mendapatkan Letter of Acceptance (LoA).-