Peringati Hari Bumi, JK School of Government Adakan Bersih Bumi

April 21, 2017 oleh : BHP UMY

Dalam rangka memperingati Hari Bumi Internasional pada yang jatuh pada tanggal 22 April 2017, JK School of Government bekerjasama dengan Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah mengadakan acara Bersih Bumi pada rabu (19/4) di Pantai Sepanjang, Gunung Kidul, DIY. Kegiatan ini diikuti oleh 300 orang mahasiwa, baik mahasiwa Ilmu Pemerintahan dan juga mahasiswa asing yang melakukan studi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), seperti mahasiwa dari Thammasat Unversity dan Khon Kaen Univesity.

“Selain untuk memperingati hari bumi, acara ini dilakukan untuk memberikan kesadaran dan mengingatkan kembali mahasiswa-mahasiwa UMY untuk mulai peduli dan memperhatikan lingkungan sekitarnya. Bumi ini sudah semakin panas dan ada banyak problem di bumi ini yang berkaitan dengan isu lingkungan dilakukan oleh tangan-tangan manusia,” ujar Eko Priyo Purnomo, Ph.D sebagai ketua acara ini, saat ditemui di ruang IGOV UMY, Kamis (20/4). Kegiatan ini juga dilakukan dengan maksud memperkenalkan kembali UMY ke masyarakat Gunung Kidul dan daerah sekitarnya.

Rangkaian acara ini menurut Eko, dimulai dengan melakukan audiensi ke Dinas Lingkungan Hidup Gunung Kidul. Kunjungan ini dilakukan untuk mengetahui pembangunan Geologi Park Gunung Sewu sebagai objek ekoturisme Gunung Kidul. Rombongan kegiatan Bersih Bumi dari UMY juga melakukan kunjungan ke Dinas Pariwisata Gunung Kidul. Kunjungan tersebut dilakukan guna mengetahui bagaimana potensi pariwisata yang ada mampu mendorong dan membangun perekonomian Gunung Kidul.

Lalu kegiatan ini dilanjutkan dengan membersihkan Pantai Sepanjang dengan mengambil sampah yang dibuang sembarangan bukan pada tempatnya. Kemudian sebelum mengakhiri kegiatan ini, rombongan dari UMY memberikan bantuan tempat sampah. Baik untuk sampah organik maupun non-organik yang ditempatkan di beberapa lokasi untuk memunculkan kesadaran para pengunjung pantai agar membuang sampah pada tempatnya.

Share thisShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0