Peringati Hari Bumi, American Corner UMY Kampanyekan #Zerostraw

April 21, 2018 oleh : BHP UMY

Setelah sukses dengan mangrove planting dan Eduplastic camp di tahun sebelumnya, American Corner Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Amcor UMY) bekerjasama dengan alumni YSEALI dan Perpustakaan UMY membuat sebuah kampanye bertajuk #Zerostraw. Acara ini merupakan sebuah acara rutin Amcor UMY dalam memperingati hari bumi. Tahun ini, Amcor UMY kembali mengangkat isu sampah plastik dan berusaha untuk mensosialisasikan kepedulian terhadap sampah plastik terutama sampah sedotan plastik. Kegiatan kampanye #Zerostraw ini akan berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu 21-22 April 2018 bertempat di Goa Cemara, Bantul, DIY.

Direktur American Corner dan Warung Prancis UMY, Puthut Ardianto, M.Pd. dalam sambutan pelepasan peserta kampanye #Zerostraw (21/4) di lapangan Bintang UMY mengungkapkan bahwa ia sangat mendukung sepenuhnya agenda tahunan ini. “UMY sangat mendukung kegiatan kami dengan memberikan support yang luar biasa untuk realisasi #Zerostraw ini,” jelasnya. Kampanye #Zerostraw sendiri merupakan kampanye pengurangan penggunaan sedotan plastik bagi warung-warung yang ada di sepanjang pantai dengan memberikan alternative biodegradable straw (alternatif sedotan yang terbuat dari alam, red) yang akan disosialisasikan oleh peserta.

Puthut kembali menjelaskan bila pemakaian sedotan plastik di Indonesia diperkirakan telah mencapai puluhan ribu tiap harinya. “Menurut divers clean action, pemakaian sedotan telah sampai pada angka 93 juta,” ungkapnya. Ia menambahkan bila sedotan-sedotan tersebut direntangkan akan mencapai jarak hingga 16,8 kilometer. Kembali ditambahkan Puthut, apabila dihitung perminggu, pemakaian sedotan tersebut akan mencapai 117 kilometer atau hampir tiga kali keliling bumi. Ia berharap dengan adanya agenda ini dapat memberi edukasi kepada semua orang mengenai bahaya plastik bagi bumi.

#Zerostraw diinisiasi oleh salah satu alumni YSEALI Environtment Motana 2017. Salah satunya adalah Evi Nur Alviah, yang juga merupakan project manager dalam kegiatan ini. Evi menjelaskan bahwa sampah plastik, terutama sampah sedotan termasuk dalam 10 jenis sampah yang paling banyak ditemukan di laut. “Oleh karena itu, sebagai generasi muda, kita harus peduli terhadap hal ini,”jelasnya.

Evi menambahkan, dalam kegiatan ini, Amcor UMY membuka call for participant untuk peserta yang ingin mengikuti kegiatan ini. Dan terpilihlah 30 peserta dari berbagai institusi pendidikan, baik di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau perguruan tinggi di Yogyakarta yang peduli dengan bumi dan mau berkontribusi untuk bumi. “Selama dua hari nantinya para peserta ini akan diajak untuk melakukan kampanye #Zerostraw,” ungkapnya. Selain itu para peserta akan melakukan Amazing Trash, dimana peserta nantinya dibagi ke dalam beberapa kelompok dan akan melakukan pengumpulan sampah plastik di sepanjang pantai.

Pada kesempatan yang sama, kepala Perpustakaan UMY, Drs. Lasa HS, M.Si mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Amcor UMY. Ia menjelaskan bahwa kegiatan seperti inilah yang dapat memberikan sumbangsih secara nyata dalam menangani masalah lingkungan. “Semoga dengan adanya kegitan positif ini, masalah lingkungan akan segera berkurang, karena sekecil apapun yang kita lakukan pasti memberikan dampak yang besar bagi masyarakat luas,” tutupnya. (Darel)