Peringati 1 Dasawarsa Usia, RSGM UMY Adakan Kegiatan Donor Darah

November 7, 2019 oleh : BHP UMY

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (RSGM UMY) mengadakan berbagai kegiatan untuk memperingati usianya yang kesepuluh, salah satunya donor darah, Rabu (6/9) di RSGM UMY Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Pada kegiatan ini, panitia bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta. Acara ini berlangsung dari pagi hingga siang hari berhasil mengumpulkan 50 kantung darah peserta yang berasal dari berbagai kalangan.

Koordinator acara Milad 1 Dasawarsa RSGM UMY, Astrid Nurqodri,AMKG., mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk bisa membantu berbagai pihak yang membutuhkan darah. Hal ini dikarenakan darah menjadi salah satu kebutuhan yang paling dicari pada sektor kesehatan. Kemudian acara donor darah juga digunakan sebagai sarana promosi RSGM UMY kepada warga masyarakat.

“Ini acara milad pertama RSGM UMY, kita ingin masyarakat lebih mengenal rumah sakit ini. Lalu kita memilih donor darah sebagai salah satu kegiatan karena ingin menyumbangkan darah kepada orang yang membutuhkan. Alhamdulillah peserta yang mengikuti acara ini juga memenuhi target yang sudah direncanakan,” ujarnya saat ditemui pada sela-sela kegiatan.

Astrid mengungkapkan bahwa ketika seseorang mendonorkan darah, maka akan mendapatkan berbagai manfaat. Salah satunya dapat meregenerasi darah dalam tubuh sehingga menjadikan tubuh lebih segar dan bugar. Namun terdapat hal-hal yang harus diperhatikan bagi pendonor sebelum memberikan darahnya.

“Badan bisa lebih fit, ditambah lagi dengan pengaruh pola makan yang dilakukan setelah donor sangat berpengaruh bagi tubuh. Sebelum memberikan darah, kita juga perlu untuk mempersiapkan tubuh ini. Jangan sampai setelah darah diambil malah tubuh ini menjadi lemas. Tetapi sejatinya donor darah bisa memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain,” imbuhnya.

Pendonor yang berpartisipasi berasal dari berbagai usia, mulai dari 20 hingga 50 tahun. (ak)