Perbaikan Infrastruktur Sebagai Penunjang Sarana Prasarana Pembelajaran

November 13, 2017 oleh : BHP UMY

E-learning merupakan salah satu solusi untuk mendukung mahasiswa dalam mendapatkan materi pembelajaran lebih lanjut. Dosen dapat mengirimkan materi kepada mahasiswa dimana mahasiswa dapat mengakses materi tersebut melalui platform universitas dan mendukung proses pembelajaran. Begitu pula mahasiswa, dapat mengirimkan tugas ataupun mengakses materi melalui online. Hal tersebut sebagaimana merujuk pada visi UMY yang ingin membawa metode pembelajarannya ke arah yang lebih berorientasi digital.

Hal ini pulalah yang kemudian membuat UMY menggandeng CISCO sebagai mitra untuk meningkatkan perbaikan infrastruktur teknologi. Perbaikan yang dilakukan meliputi akses jaringan internet yang tidak stabil dan perluasan jangkauan. Dalam kerjasama kemitraan ini, telah menghasilkan pemasangan router, switch dan access point untuk meningkatkan kualitas koneksi jaringan.

Dalam rilis yang diterima Biro Humas UMY pada Senin (13/11), Ir. Eko Prasetyo M, Eng., Kepala Biro Sistem Informasi UMY, mengatakan bahwa pihak UMY merasa perlu berinvestasi pada pengembangan infrastruktur teknologi di kampus seluas 25 hektar ini. Hal tersebut dilakukan untuk memungkinkan akses jaringan yang handal dan stabil di seluruh wilayah kampus.

Dalam rilis tersebut, Pihak CISCO juga menjelaskan beberapa tahap perbaikan infrastruktur yang dilakukan di UMY. Proyek dimulai dengan pemasangan Cisco ASR 1001X sebagai router pada akhir tahun 2013. Tahap kedua adalah pemasangan switch 4507R+E yang terdiri dari core switch dan Cisco 3560X sebagai switch distribusi. Tahap ketiga pada tahun 2014 adalah pemasangan access point Cisco 3602I, 2702I & 1702I di berbagai lokasi di dalam kampus. Dalam pemasangan tersebut, terdapat lebih dari 200 access point yang telah dipasang. Ke depannya, UMY juga berencana untuk memasang lebih banyak lagi access point, terutama di area outdoor secara bertahap.

Iman salah satu mahasiswa UMY mengungkapkan rasa senang dengan jaringan Internat yang saat ini sudah mulai stabil. “Saya senang sekali dengan adanya koneksi jaringan handal yang disediakan UMY. Saat ini jaringan di kampus sudah mulai stabil. Rasanya belum ada universitas lain yang memiliki jaringan internet yang stabil dengan jangkauan seluas ini,” ungkapnya.

UMY akan melanjutkan kemitraannya dengan Cisco dan Packet Systems Indonesia untuk menambah access point pada 15% area kampus yang masih belum memiliki jaringan yang kuat. Dengan demikian, UMY akan memiliki koneksi jaringan yang handal di seluruh area kampus, outdoor maupun indoor. Selain itu, UMY memiliki rencana jangka panjang untuk mendirikan gedung apartemen untuk akomodasi mahasiswa. UMY dapat memanfaatkan kolaborasi positif tersebut untuk menyediakan infrastruktur teknologi bagi gedung apartemen yang akan dibangun. (darel)

Sharing is caring!