Peran Universitas dalam Mendorong Prestasi Mahasiswa

Indikator kesuksesan universitas salah satunya dilihat dari lulusan sarjana yang berkualitas. Untuk menghasilkan lulusan berkualitas proses yang dapat diupayakan yaitu dengan mendorong kreatifitas mahasiswa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta seni.

Hal ini disampaikan Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sri Atmaja P. Rosyidi, ST., MSc.Eng, PhD., PE., di Kampus Terpadu UMY dalam diskusi terbatas ‘Upaya Meningkatkan Prestasi Mahasiswa melalui Kegiatan Kampus”  Selasa (16/8).

Lebih lanjut Sri Atmaja menuturkan, hanya saja mahasiswa seringkali kekurangan media untuk menjelajahi kekreatifitasan dan keinovativan mereka. “Demikian juga adanya pendamping guna meningkatkan proses pembinaan secara komprehensif. Oleh karenanya dosen menjadi salah satu yang berperan dalam melakukan pembinaan bagi mahasiswa dalam mengembangkan kreatifitas dan inovasi,”urainya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah meningkatkan penelitian yang dilakukan para dosen. Dimana setiap penelitian diarahkan untuk melibatkan mahasiswa. “Kemitraan antara dosen dan mahasiswa inilah menjadi media yang cukup strategis untuk melakukan transfer ilmu,”ungkapnya.

Dalam pemaparannya para dosen hendaknya tidak hanya memberikan kuliah dalam kelas. Namun juga tugas-tugas yang memunculkan ide-ide inovatif. “Sehingga mahasiswa terdorong untuk mengeluarkan kreatifitasnya. Konsep temuannya tidak perlu mahal yang penting bahwa temuan mereka inovatif,”paparnya.

Menurut Dosen Fakultas Teknik ini, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) juga mempunyai peranan dalam mengembangkan kreatifitas dan inovasi yang dilakukan mahasiswa. “Seperti yang dilakukan UKM Release Photography Club (RPC) UMY yang belum lama ini menggelar pameran fotografi dengan mengambil tema budaya dan adat Bali. Mereka tidak hanya sekedar mengambil tema tersebut tetapi juga dengan terjun langsung ke daerah tersebut,”ujarnya.

Melalui kegiatan-kegiatan baik penelitian maupun UKM, diharapkan dapat menjadi modal awal sehingga nantinya dapat bersaing memperoleh pekerjaan setelah lulus nantinya. “Dengan kata lain pengalamannya ketika melakukan penelitian maupun kegiatan di UKM dapat menjadi modal berharga ketika mereka lulus,”harapnya.

Sri Atmaja mengharapkan, kreatifitas dan inovasi yang diciptakan mahasiswa ini memberikan kontribusi kepada masyarakat. “Hal ini juga menandakan jika universitas berhasil mencetak generasi masa depan yang sesuai dengan visi dan misi universitas.”tegasnya.

 

© 2013 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY | About the site