Pepsodent dan Kedokteran Gigi UMY Gelar Bulan Kesehatan Gigi Nasional​

Oktober 8, 2014 oleh : BHP UMY
IMG_5147

Para peserta dari masyarakat melakukan pendaftaran sebelum melakukan pemeriksaan gigi secara gratis.

PT. Unilever Indonesia melalui produk Pepsodent menggandeng Fakultas Kedokteran Ilmu Kesehatan (FKIK) Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2014 di Rumah Sakit Gigi & Mulut UMY Asri Medical Center (AMC) Yogyakarta pada Rabu (08/10).

Kegiatan yang telah digagas pada tahun 2010 juga bekerjasama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOGDI) secara rutin menggelar kegiatan BKGN di berbagai Prodi Kedokteran Gigi di Yogyakarta.

Di RSGM Asri Medical Center kegiatan tersebut rencananya akan ditutup pada hari ini dengan acara sikat gigi massal yang diikuti oleh sedikitnya 300 Siswa SD dari sekolah binaan Pepsodent yang ada di Yogyakarta. Hal tersebut sebagai bentuk penanaman kebiasaan baik menjaga gigi sejak masih kecil dan terbiasa dengan aktifitas menyikat gigi setiap hari.

Selain memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang mencakup pelayanan pembersihan gigi, penambalan sederhana pada gigi berlubang, pencabutan sederhana pada gigi tanpa operasi, BKGN juga memberikan edukasi kepada para pelajar tingkat SD tentang kesehatan gigi dan mulut melalui metode menggambar dan mewarnai.

Mewakili ketua pelaksana kegiatan Drg. Ukky Tiara MDS,c,.Sp. KGA, Ketua Pelaksana Harian Kegiatan mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai sarana edukasi bagi masyarakat untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat indonesia di segala umur. Anak kecil, remaja, sampai orang dewasa, dan mereka diharapkan terus merawat gigi, selain itu juga kegiatan ini bentuk pengabdian Kedokteran Gigi yang difasilitasi oleh Pepsodent kepada masyarakat.

“Kegiatan tahunan seperti ini sebagai sarana edukasi meningkatkan kesehatan gigi masyarakat di segala umur, anak kecil, remaja sampai orang tua dengan memberikan pengetahuan, dan mereka diharapkan terus menjaga gigi dan juga ini adalah bentuk pengabdian Kedokteran gigi yang difasilitasi oleh pepsodent kepada masyarakat”ujarnya saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Selain itu, Putri salah satu masyarakat yang ikut mendaftar dalam kegiatan ini mengungkapkan bahwa kesempatan seperti ini dimanfaatkannya, mengingat bahwa biaya kesehatan perawatan gigi yang saat ini sudah tergolong mahal, maka dirinya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

“Iya saya ikut mendaftar walaupun harus mengantri sebentar tidak apa, karena saat ini biaya perawatan gigikan sudah mahal ya, dan ini juga kesempatan bagi masyarakat untuk merawat dan membersihkan giginya secara geratis, makanya saya tidak mau menyi-nyiakan kesempatan ini” jelasnya.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, keterangan yang didapatkan dari panitia registrasi, bahwa pada kegiatan ini pepsodent bersama kedokteran gigi UMY menargetkan 1000 peserta dalam waktu 3 hari, dan perharinya sekitar 400 peserta. (Shidqi)