Pentingnya Komitmen dalam Peningkatan Profesionalisme Sumber Daya Manusia Institusi

Juli 25, 2011 oleh : BHP UMY

Bagi Institusi, komitmen sangat diperlukan dalam menjamin keberlangsungan dan kemajuan institusi. Hal ini dikarenakan komitmen meningkatkan daya saing organisasi yang sangat memerlukan komitmen para anggotanya, di samping intelektual dan profesionalitas.

Demikian disampaikan Mantan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. M. Amin Abdullah dalam Rapat Kerja Tahunan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (RKT-UMY) 2011 di Kampus Terpadu UMY, Minggu (24/7).

Menurutnya, komitmen merupakan salah satu kualitas terpenting yang tidak dapat ditawar-tawar lagi yang harus dimiliki pemimpin sejati. Oleh karenanya, peningkatan profesionalisme sumber daya manusia perlu dikombinasikan dengan komitmen. “Komitmen individu terhadap organisasi sangat dipengaruhi oleh pandangan individu itu terhadap organisasinya dan pandangannya tentang peran dan kedudukannya di dalam organisasi,” jelas Amin. Lebih lanjut Ia mengungkapkan, komitmen merupakan inti dari agama. “Komitmen tersebut penting karena merupakan harga diri dan meningkatkan kualitas. Pemimpin sejati mampu mengkombinasikan komitmen dan profesionalitas,” terang Amin.

Amin menuturkan jika seseorang yang memiliki komitmen kuat
terhadap organisasi pasti memiliki pandangan positif tentang organisasinya dan memiliki pandangan positif pula tentang dirinya. “Pandangan positif tersebut meyakini setiap orang dalam organisasi memiliki peran dan kedudukan yang sama-sama penting di dalam organisasi, dan bahwa setiap orang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan organisasi,” urainya.

Untuk mewujudkan komitmen, Amin menilai manusia perlu memiliki pandangan positif terhadap institusi. “Hal itu akan menentukan seberapa besar kontribusi yang akan diberikan” ujarnya. Wujud komitmen tersebut dapat dilihat dari orientasi pada kualitas dan keunggulan dalam setiap setiap aktivitas serta karya yang dihasilkan baik dalam pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian. “Selain itu, sumber daya manusia juga harus terlibat aktif secara suka rela dalam berbagai agenda dan program kerja yang diarahkan untuk mewujudkan visi dan misi institusi dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran institusi,” papar Amin.

Selanjutnya, dalam membangun dan memperkuat komitmen, seseorang sebaiknya melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sepenuh hati serta mengerahkan kemampuan terbaik dalam menjalankan setiap tugas yang diberikan sekecil apapun.

Sharing is caring!