Pendidikan Islam sebagai Pilar Dialog Peradaban dan Perdamaian

November 19, 2012 oleh : BHP UMY


Lembaga Pendidikan, terutama pendidikan islam merupakan pilar dan basis dialog antar peradaban dan perdamaian. Lembaga pendidikan menjadi basis peradaban karena lembaga pendidikan merupakan arena pertemuan generasi muda dari berbagai latar belakang, baik agama, budaya, tradisi maupun ekonomi. Interaksi ini merupakan modal penting untuk penciptaan iklim komunikasi yang sehat, kesepahaman dan tanggung jawab antar sesama untuk membangun kehidupan yang lebih baik.

Demikian yang disampaikan oleh Prof.Dr.Mariam Ait Mahmet Ketua Jurusan Peradaban,Ibnu Tufail University Morocco dalam Kuliah Umum Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FAI UMY) dengan tema “Penguatan Lembaga Pendidikan Islam sebagai Pilar Dialog Peradaban dan Perdamaian” pada Senin,(19/11) di Kampus Terpadu UMY. Turut hadir Prof. Dr. Din Syamsyuddin M.A ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah pada kuliah umum kali ini.

Prof, Mariam Menjelaskan bahwa disinilah peran dari Lembaga Pendidikan Islam untuk menjelaskan makna Islam yang sesungguhnya kepada generasi penerus. “ Islam bukan hanya persoalan rukun islam namun kita harus lebih memahami tentang peran kepemimpinan  Islam untuk memakmurkan masyarakat dunia,” jelasnya.

Selain itu Prof, Mariam menuturkan bahwa  selama ini kita hanya terjebak dalam teori-teori barat. “Kita bisa melihat teori-teori peradaban dari pemikir barat seperti Huntington dalam bukuThe Clash of Civilization dan juga Francis Fukuyama dalam buku The End of History yang bersifat matrealistik dan hanya berkutat pada  bagaiamana menguasai dunia. Selain itu kita dianggap sebagai masyarakat yang  tidak bisa berinteraksi dengan peradaban. Namun pada kenyataannya seluruh dunia mengakui dan meyakini kekuatan Islam karena Islam ketika masuk dalam suatu masyarakat bisa cepat menyesuaikan dan memang pada saat ini masyarakat barat telah mengakui kegagalan teori-teori peradaban yang mereka ciptakan,” tuturnya.

Senada dengan Prof Mariam, Din Syamsuddin menekankan pentingnya lembaga pendidikan terutama pendidikan Islam untuk mewadahi dialog tentang peradaban dan perdamaaian saat ini. “Islam sebagai pilar pendukung perdamaian dunia, untuk itu dialog tentang bagaiamana islam menawarkan model peradaban untuk membangun perdamaian global sangat diperlukan. Hal ini agar kita bisa membuktikan bahwa Islam akan menciptakan peradaban baru yang bisa membawa perdamaian di seluruh dunia,” ungkapnya.