Pendamping PIMNAS Pastikan Kenyamanan Peserta

Juli 11, 2012 oleh : BHP UMY

Sembilan puluh tiga mahasiswa diterjunkan sebagai pendamping (Liaison Officer/LO) PIMNAS Ke-25 yang diselenggarakan di UMY. Pendamping ini akan mendampingi para peserta PIMNAS dari awalsampai akhir acara, yakni 9-14 Juli 2012. Pendamping berfungsi sebagai penyambung lidah panitiakepada peserta, yang akan menyampaikan informasi terkini dari panitia yang sekiranya penting diketahui oleh para peserta. Hal ini dilakukan demi kelancaran s vemua rangkaian acara PIMNAS, juga kenyamanan seluruh peserta PIMNAS.

Ditemui di sela-sela briefing terakhir divisi LO pada Minggu (8/7), Moh. Ikhsan, salah satu koordinator lapangan mengatakan bahwa LO merupakan divisi yang akan bekerja dengan cerdas, tangkas, dan ikhlas. “LO merupakan duta dari UMY sendiri, sehingga merupakan pihak yang diandalkan untuk menjaga segala hal terkait peserta tetap lancar. Seorang LO harus cerdas membaca situasi yang ada, tangkas dalam menghadapi permasalahan yang kemungkinan terjadi,juga ikhlas dengan apa yang terjadi pada saat acara nanti, agar pelayanan tetap maksimal,” jelas Ikhsan.

Divisi LO sendiri, lanjut Ikhsan, merupakan leburan dari Divisi Desk Informasi, Transportasi, dan Akomodasi. “LO dituntut untuk dapat memberikan pelayanan dan informasi mengenai konsumsi sampai transportasi. Setiap LO akan menangani 18-24 orang peserta dan secara aktif bekerja mulai 9 Juli 2012,” ungkap Ikhsan.

Karena LO merupakan cerminan dari UMY, maka LO akan dibekali dengan berbagai pengarahan. “Mereka diberi pengarahan dan pembelajaran tentang tata cara tentang berbagai hal, mulai penyambutan peserta, pendampingan, hingga pelepasan peserta setelah PIMNAS berakhir,” terangnya. Selain LO Peserta, masih lanjut Ikhsan, divisi ini juga menyediakan LO bagi juri PIMNAS. “Juri yang datang tidak semuanya paham tentang Yogyakarta dan UMY, sehingga LO juri diperlukan untuk memastikan seluruh juri nyaman dan lancar menjalankan aktivitasnya selama PIMNAS berlangsung,” lanjutnya.