Pendaftaran SBMPTM di 12 PT Muhammadiyah Telah Dibuka

Mei 28, 2018 oleh : BHP UMY

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (SBMPTM) telah resmi dibuka. Hal tersebut diungkapkan Dr. Siti Dyah Handayani, SE, MM selaku kepala sekretariat panitia SBMPTM saat ditemui di kantor biro Admisi UMY pada hari Senin (28/5). “Mulai hari ini (28/5) sampai tanggal 14 Juli 2018 pendaftaran SPMPTM periode pertama sudah dibuka, dan untuk informasi lebih lanjut bisa diakses di sbmptm.id,” ungkapnya. Pada periode ini Program Studi yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa adalah Pendidikan Dokter dan akan diperluas untuk program studi program studi lain di periode berikutnya.

“Peserta mempunyai kesempatan memilih 3 (tiga) program studi Pendidikan Dokter pada PTM yang berbeda dan mengikuti ujian di lokasi terdekat,” jelasnya lagi. Pembukaan pendaftaran SBMPTM tersebut resmi dilakukan setelah sehari sebelumnya diadakan Launching SBMPTM di Kantor PP Muhammadiyah , Jl. Menteng Raya No. 62 pada Minggu (27/5). Acara launching tersebut dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P; Ketua Umum PP Muhammadiyah , Dr. H. Haedar Nasir, M.Si; Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof. H. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D; Ketua Panitia Pusat SBMPTM, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP; dan Direktur Bank Syariah Mandiri, serta Pimpinan PTM dari seluruh Indonesia.

SBMPTM atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah merupakan seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang diinisiasi oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Pelaksanaannya dilandasi semangat kebersamaan untuk membesarkan PTM. Tujuan dari kegiatan ini agar PTM mendapatkan input yang baik sekaligus lulusan yang berkualitas sehingga dapat berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan citra baik Persyarikatan Muhammadiyah.

Kembali Dyah menjelaskan, untuk pendaftaran semuannya dilakukan secara online. Keunggulan sistem pendaftaran online SBMPTM memudahkan calon mahasiswa memilih PTM tujuannya. Calon mahasiswa cukup mendaftar melalui portal online sbmptm.id dan melakukan pembayaran melalui transfer via Bank Syariah Mandiri terdekat. Sehingga pada pelaksanaannya, diharapkan lebih fleksibel dan efisien karena lintas wilayah.

Calon peserta harus memenuhi syarat antara lain, lulusan SMA/MA jurusan IPA tahun 2016, 2017, atau 2018. Bagi peserta lulusan paket Paket C maksimal usia 21 tahun. Selain itu, calon peserta dalam keadaan sehat dan tidak buta warna. Selanjutnya, pelaksanaan ujiannya direncanakan pada Ahad, 22 Juli 2018. Pengumuman peserta yang lolos seleksi akan diumumkan pada Jumat, 27 Juli 2018. Peserta yang lolos tahap ini akan mengikuti tes tahap selanjutnya di PTM tujuan masing-masing.

Dyah kembali menambahkan, SBMPTM akan dilaksanakan serentak di 12 (dua belas) PTM yang tersebar di seluruh Indonesia menggunakan Computer Based Test (CBT) dengan dua jenis tes yaitu Tes Kemampuan Akademik (Tekad) dan Materi Mata Pelajaran (Biologi, Kimia, FIsika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris). PTM yang akan melaksanakannya antara lain, UM Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah (UM) Jakarta, UM Makassar, UM Malang, UM Palembang, UM Prof. Dr. Hamka, UM Purwokerto, UM Semarang, UM Sumatera Utara, UM Surabaya, dan UM Surakarta. (Darel)