Pencari Kerja Harus Tahu Kunci Tes Wawancara

Februari 23, 2012 oleh : BHP UMY

Sampai saat ini, bekerja di Sektor Perbankan masih menjadi hal yang paling dicari para pencari kerja di Indonesia. Tetapi, untuk bisa lolos dan bekerja di Bank, tahap tes yang perlu dilewati cukup banyak dan rumit. Para pencari kerja harus bersaing dengan sekian banyak pesaingnya dalam beberapa tahapan. Biasanya, peluang diterima hanya satu berbanding empat puluh. Kebanyakan dari para peserta tes ini gagal di tes terakhir, yakni tes wawancara. Untuk itu, para pencari kerja harus tahu kunci untuk bisa lolos seleksi, khususnya yang berminat bekerja di Bank.

Hal tersebut diungkapkan oleh Haryadi Sumitro dari BPD DIY saat menjadi pembicara dalam acara “Job Klinik Bersama BPD DIY”, Kamis (24/2), yang diselenggarakan di Kampus Terpadu UMY. Acara ini merupakan rangkaian acara Job Fair UMY 2012 yang sudah dimulai dari kemarin.

Haryadi mengatakan, ada tips khusus untuk membantu para peserta tes lolos tahap wawancara. “Masing-masing perusahaan memiliki karakternya masing-masing. Coba cari tahu hal apa yang dikehendaki oleh pewawancara. Kenali budaya atau kultur perusahaan dan cobalah untuk tidak mendebat,” ujarnya.

Untuk BPD DIY, lanjut Haryadi, tes yang digelar hampir sama dengan yang lain. Hanya saja, karena BPD adalah Bank milik pemerintah, maka rekruitmen dilakukan atas instruksi pemerintah selaku pemilik. “BPD tidak bisa asal membuka lowongan. Walau pun yang dibutuhkan hanya dua orang, misalnya, harus tetap meminta persetujuan pemerintah selaku pemilik. Tahap seleksi tes bisa berlangsung selama tiga sampai empat bulan, meliputi tes psikologi, toefl, kemampuan komputer, uji kompetensi, tes kesehatan, dan interview.  Biasanya, karakter dari si pencari kerja akan sangat terlihat saat wawancara. Hal inilah yang paling menentukan,” tutur pria yang mengaku bekerja di BPD DIY karena merasa ingin memajukan daerahnya ini.

Haryadi juga menjelaskan, rekruitmen BPD akan diselenggarakan pada Bulan Juni dan akhir tahun, sekitar Bulan November. “Untuk lowongan Teller dan Customer Service (CS), rekruitmen biasanya dilakukan Bulan Juni. Untuk Account Officer dan Marketing Officer, biasanya akhir tahun, bisa dicek di website BPD atau menghubungi bagian SDM, pasti akan dijelaskan. Kami membuka counter di Job Fair UMY, tapi belum membuka lowongan, kami menginformasikan kapan akan membuka lowongan,” pungkasnya. (Intan)