Peduli Siswa Siswi Berprestasi, UMY Siapkan Beasiswa 3,5 Milyar

Sebagai wujud tanggung jawab sebagai amal usaha Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyediakan 3,5 milyar sebagai bentuk aspirasi kepada siswa SMA yang berprestasi. Banyak siswa-siswi  yang berprestasi dalam berbagai bidang  ketika ingin berkuliah harus terkendala dengan masalah biaya. Untuk itu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  memberikan beasiswa sebesar 3,5 milyar rupiah bagi siswa-siswi yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Demikian disampaikan oleh Dr. Siti Dyah Handayani, S.E., M.M Kepala Biro Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), saat diwawancarai di Kampus Terpadu UMY, Jum’at (09/12)

Siti menjelaskan ada dua kategori beasiswa yang diberikan UMY kepada para siswa siswi berprestasi. “Beasiswa yang diberikan ada dua kategori yaitu beasiswa umum dan khusus.Beasiswa umum berlaku untuk semua program studi di UMY sedangkan beasiswa khusus berlaku untuk Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dan Fakultas Agama Islam (FAI) pada Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam UMY” jelasnya.

“Beasiswa umum diseleksi melalui  Penerimaan berdasarkan Minat dan Bakat (PMDK) , Penerimaan Siswa Berprestasi (PSB) , Penerimaan Bibit Unggul Persyarikatan Muhammadiyah dan Penerimaan berdasarkan Nilai Ujian Akhir Nasional (PBUAN). Beasiswa dilaksanakan pada tiga gelombang dimana pada setiap gelombangnya diambil 1 orang peringkat pertama, 5 orang peringkat kedua dan 15 orang   peringkat ketiga pada masing masing program studi.

Ditambahkannya bahwa, untuk peringkat pertama diberikan pembebasan Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP)   dan Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) selama satu tahun, peringkat  kedua berupa pembebasan  SPP dan DPP satu semester dan peringkat ketiga mendapatkan pembebasan  DPP satu semester. Maka tahun ini UMY akan memberikan beasiswakepada sekitar 1386 siswa berprestasi” jelasnya.

Lebih lanjut Siti menambahkan untuk beasiswa khusus ini berlaku di dua fakultas di UMY. “Untuk beasiswa khusus siswa/i akan memperoleh berupa bebas biaya pendidikan SPP dan DPP selama menempuh pendidikan di UMY dan fasilitas tempat tinggal di University Residence (UNIRES) UMY.”

Khusus untuk  Program studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam,  UMY memberikan kesempatan beasiswa bebas kuliah sampai lulus bagi siswa SMA/SMK yang hafal minimal lima juz Al-Qur’an” terangnya.

Sedangkan untuk Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, beasiswa hingga lulus akan diberikan kepada siswa SMA dari orang tua yang tidak mampu ataupun hidup di panti muhammadiyah, dari jurusan IPA dengan nilai akademis yang baik

Dengan pemberian beasiswa sebesar 3,5 milyar rupiah ini diharapkan siswa siswi yang memiliki segudang prestasi disekolahnya dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi.


© 2013 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY | About the site