Peduli Pada Mahasiswanya Yang Kuliah Di Indonesia, Kedubes Thailand Adakan Gathering Di UMY

September 17, 2019 oleh : BHP UMY

Kedutaan Besar Thailand untuk Indonesia menyelenggarakan acara ‘The 2019 Thai Students Get Together in Yogyakarta’ bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Acara ini dimaksudkan untuk mengumpulkan mahasiswa-mahasiwi Thailand yang bersekolah di Indonesia yang dihelat di Gedung AR. Fachruddin B Lantai 5 Kampus Terpadu UMY, Sabtu (14/9).

Ini merupakan acara tahunan yang dibuat oleh Kedubes Thailand sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap mahasiswa yang kuliah di Indonesia. Kebanyakan mahasiswa yang berkuliah di Indonesia merupakan warga bagian provinsi selatan di Thailand dan mereka dikumpulkan di UMY. Khusus pada kegiatan kali ini, Kedubes Thailand ingin memberikan harapan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan setelah mereka menyelesaikan masa kuliah mereka di Indonesia.

“Kami ingin memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang sekolah di Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan ketika kembali ke Thailand maupun mendapat pekerjaan di Indonesia. Bagaimana mereka bisa melamar program pelatihan di banyak perusahaan di Indonesia, atau melamar pekerjaan setelah mereka selesai kuliah di perusahaan Thailand yang ada di Indonesia. Selain itu kami mencoba untuk memberikan kesempatan kepada mereka untuk mendapatkan beasiswa dari pemerintah Thailand,” ujar H.E. Songphol Sukchan, kedutaan besar Thailand untuk Indonesia ditemui setelah acara.

Songphol mengungkapkan harapannya kepada mahasiswa Thailand untuk tidak membuang waktunya dengan percuma di Indonesia, dengan belajar lebih giat dan mendapatkan manfaat dari Indonesia. Songphol menyebutkan Indonesia saat ini sedang sangat berkembang dari segi E-Commerce jadi dia ingin mahasiswa Thailand bisa belajar hal itu untuk diterapkan di Thailand.

“Saya sepenuhnya berharap mereka bisa belajar lebih giat, belajar banyak dari Indonesia. Indonesia sedang berkembang E-Commerce, bisnis start-up, dan banyak unicorn di sini. Dan teknologi yang berkembang pesat, saya berharap mahasiswa Thailand bisa mengambil kesempatan itu untuk menerapkan pengetahuan itu di Thailand dan memajukan negara kami,” imbuhnya.

Sementara itu, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto M.P rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menjelaskan betapa beragamnya Indonesia, jadi berharap mahasiswa Thailand mengeksplorasi keberagaman itu sebagai pengetahuan. “Indonesia memiliki 13.466 pulau, 1.340 suku bangsa, dan 700 bahasa daerah dengan simbol ‘Bhinneka Tunggal Ika’. Mahasiswa Thailand dapat melihat keberagaman itu sebagai pelajaran yang berharga, betapa sulitnya mengatur wilayah yang begitu luasnya. Mereka harus bisa berkompromi dengan itu, dan dapat belajar baik di sini,” tutur Gunawan.

Rangkaian kegiatan tidak hanya seminar saja, melainkan dilanjutkan dengan kegiatan outbond berupa lomba-lomba yang diselenggarakan di lapangan Kampus Terpadu UMY pada siang hari hingga sore. Kemudian dilanjutkan makan malam yang menghidangkan beragam masakan Thailand di Lantai Dasar Masjid K.H. Ahmad Dahlan UMY. “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Rektor UMY dan segala jajarannya untuk bantuan yang mereka berikan kepada kami untuk menyelenggarakan acara tahunan ini, kami sangat menghargai bantuan mereka,” pungkas Songphol. (Hbb)