Peduli HIV/AIDS, Mahasiswa UMY selenggarakan VCT

Mei 22, 2015 oleh : BHP UMY

Pengidap penyakit menular HIV/AIDS yang belakangan ini semakin merebak, dikhawatirkan jumlahnya akan semakin bertambah dengan gaya hidup yang serba bebas saat sekarang ini. Apalagi penyebaran virus ini juga tidak hanya melalui seks bebas. Akan tetapi bisa menular melalui berbagai hal, diantaranya transfusi darah dan jarum suntik yang dipakai bergantian. Hal inilah yang kemudian membuat yayasan Jari Mulia UMY menyelenggarakan Voluntary Conseling and Test (VCT) sebagai bentuk kepedulian menanggulangi HIV/AIDS.

Menurut Lutfi Trisna Oktaningrum, mahasiswa Kedokteran UMY yang juga selaku Project Manager dari yayasan Jari Mulia Peduli HIV/AIDS saat diwawancarai di sela-sela acara “Jari Mulia HIV/AIDS awarness Day, Get Tested, Get Donate” Kamis (21/5), kegiatan tersebut diselenggarakan selain untuk mengetahui lebih dini mengenai penyakit menular, juga sebagai bentuk penanggulangan dari penyakit menular itu sendiri.

Bentuk kegiatan yang diinisiasi oleh Jari Mulia UMY ini berupa pemberian konseling dan obat untuk mengurangi dampak dari penyakit menular tersebut. Sekalipun menurut Lutfi HIV/AIDS sendiri belum ada obat yang benar-benar bisa menyembuhkan. Akan tetapi setidaknya, masih menurut Lutfi, masyarakat akan mengetahui dan bisa mendeteksi secara dini apakah dia terjangkit penyakit HIV/AIDS atau tidak.

“Kegiatan ini sebenarnya untuk membantu mendeteksi lebih awal penyakit menular HIV, baik itu pada penderitanya sendiri atau bukan. Melalui kegiatan ini kami juga ingin membantu meringankan dampak dari penyakit menular tersebut. Karena penyakit ini sendiri belum ada obat untuk menyembuhkannya, jadi kami mencoba membantu dengan memberikan obat yang bisa meringankan dampaknya,” jelas Lutfi.

Kegiatan rutin tahunan Jari Mulia ini, lanjut Lutfi, merupakan bentuk tanggung jawab calon-calon tenaga kesehatan kepada masyarakat, khususnya pengidap HIV/AIDS. Dan pada tahun ini, kegiatan tersebut dipusatkan di Lobi Kedokteran Gedung C, Kampus Terpadu UMY, dengan menggandeng Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai pemerhati HIV/AIDS dan didukung oleh tenaga kesehatan yang profesional dari Puskesmas Mantri Jeron. Kegiatan VCT ini juga diikuti oleh civitas akademika UMY dan masyarakat sekitar. (hasbi/(ed) sakinah)