PBI UMY Gelar National English Speech Competition

Maret 5, 2018 oleh : BHP UMY

Program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Yoyakarta (UMY) melalui English Departement Student Association (EDSA) kembali mengadakan lomba pidato Bahasa Inggris skala Nasional. Lomba tersebut merupakan kali ke-6 dengan mengusung tema National English Speech Competition 2018 (NESCO) “Armoring Youth With Moral & Character Education In Digital Era” pada Sabtu (3/3) Di Gedung K.H Ibrahim kampus terpadu UMY.

Phutut Ardianto S.Pd., M.Pd selaku pembina English Departement Student Association (EDSA) mengungkapkan bahwa salah satu tujuan dari diadakannya lomba pidato ini adalah untuk mengasah kemampuan yang dimiliki oleh para siswa khususnya anak-anak SMA sederajat. “Lomba ini kami tujukan untuk para siswa SMA sederajat serta mencari bibit unggul yang dimiliki oleh para siswa. Karena banyak sekali potensi yang dimiliki oleh generasi muda kita, akan tetapi kurangnya dukungan serta wadah untuk menyalurkan bakat membuat anak-anak kesulitan untuk berkembang. Untuk itu kami dari PBI dan EDSA ingin menjembatani para siswa untuk aktif dan menunjukan kemampuan khususnya pada dalam hal public speaking berbahasa Inggris,” ujar Phutut.

Lebih Lanjut Phutut menambahkan NESCO 2018 ini merupakan ajang bergengsi bagi para siswa, karena lomba ini merupakan ajang untuk mengaktualisasikan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris di depan umum. “Kompetisi ini sekaligus merupakan arena untuk mengembangkan daya nalar serta critical thinking. Kemudian secara tidak langsung melatih keberanian serta memperluas wawasan siswa terutama dalam kemampuan bahasa Inggris. Salah satu yang menjadi faktor penilaian dewan juri adalah para peserta mempersiapkan konten pidato yang berkualitas dan disertai data dan fakta di lapangan, menarik perhatian para audiens, interaktif saat berpidato, gestur tubuh serta etika ketika berbicara didepan umum. Maka dari itu saya berharap lomba ini bisa terus berkelanjutan dan semakin banyak menemukan bibit unggul dari para siswa,” papar Phutut.

National English Speech Competition 2018 tersebut diikuti oleh 38 siswa dari berbagai penjuru Indonesia dan juara pertama, diraih oleh Fakhri Ghiffari (SMAN 3 Yogyakarta), Juara dua, Fariz Rizky Alfian (SMAN 1 Sidoarjo), juara tiga, diraih Iqbal Maolidan (SMA Terpadu Riyadlul Ulum). (Sumali)