PBI UMY Adakan International Educational Research and Writing Workshop

Juli 17, 2018 oleh : BHP UMY

Program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Yoyakarta (UMY) melalui FulBright U.S berhasil mengundang Karen Huchting Ph. D. dari Departement of Edocational leadership School of Education Loyola Marymount University Los Angeles sebagai narasumber pada acara International Educational Research and Writing Workshop 2018 pada Selasa (17/07) Di Gedung K.H Ibrahim kampus terpadu UMY.

Sri Rejeki Murtiningsih Ph. D. selaku Ketua Program Studi bahasa Inggris mengungkapkan bahwa salah satu tujuan dari diadakannya international educational research and writing workshop ini adalah untuk meningkatkan kualiatas para dosen dalam melakukan penelitian khususnya kualitatif dan untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta untuk mempublikasikan karya tulis ilmiah mereka. “Acara ini adalah bentuk proffesional development yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dosen-dosen dalam metode penelitian kualitatif dan kebetulan kami mendapatkan bantuan dari FulBright yang merupakan ahli dari United States. Selain itu salah satu tujuanya acara inu adalah untuk mendorong kepercayaan para dosen kami untuk mempublikasikan hasil karya tulis ilmah mereka, seperti jurnal karena masih ada beberapa dosen kami yang kurang percaya diri untuk melangkah ke publikasi jurnal tingkat internasional,” ujar Sri.

Lebih Lanjut Sri menambahkan International Educational Research and Writing Workshop 2018 ini merupakan workshop yang akan membuat para dosen dan peserta lebih percaya diri dan mudah untuk berkarya dalam dunia menulis karya tulis ilmiah. “Kegiatan ini merupakan wadah untuk mengembangkan kemampuan dosen dalam menulis karena dalam 3 minggu ini para peserta akan dibimbing terus oleh Karen dalam membuat karya tulis ilmiah melalui diskusi dan sharing seputar pengalaman. Kemudian dipandu langkah demi langkah dalam penulisan dengan pengetahuan beliau yang merupakan FulBright specialist dalam bidangnya, sehingga kami menjadi lebih percaya diri dalam melakukan riset dan di akhir nanti para peserta akan mengahasilkan draft manuscript. Kemudian secara tidak langsung kegiatan ini akan melatih keahlian dan meningkatkan percaya diri pada para peserta. Maka dari itu saya berharap seusai kegiatan ini berakhir dosen-dosen sudah bisa melakukan publikasi dan terus menulis juga meningkatkan kemampuan kami, para dosen, untuk membimbing mahasiswa dalam menulis skripsi, agar tulisan mereka dapat lebih bagus dan lebih efisien,” papar Sri.

International Educational Research and Writing Workshop 2018 tersebut diikuti oleh 40 orang dosen dari berbagai universitas di yogyakarta seperi Universitas Sanata Dharma, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Universitas PGRI Yogyakarta, Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas kristen Duta Wacana dan tentu Univesitas Muhammadiyah Yogyakarta serta 11 mahasiswa S2 dan S3 dari luar negeri yaitu dari Mali, Turkmenistan, Burundi (Central Africa), Uganda, Laos, libya, dan Phillipines. (pras)