NCC UMY Adakan Baksos dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Peduli Lingkungan Sekitar Kampus

Januari 9, 2017 oleh : BHP UMY

Nursing Care Club (NCC) Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) UMY mengawali tahun 2017 dengan kegiatan Bakti Sosial dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat Gunung Buthak RT 05, Dukuh Ngrame, Desa Tamantirto, Kec. Kasihan Bantul pada Minggu (8/1). Selain dua kegiatan di atas, terdapat kegiatan lain seperti Khitan Gratis, Pengajian, Senam Pagi, Konsultasi Dokter, Pelatihan Kesehatan dan Bazar Pakaian Murah.

Menurut Febri Dwi Saputro, Koordinator Sie Acara, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian NCC kepada masyarakat sekitar. “Tujuannya yaitu sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sekitar. NCC sendiri bergerak di bidang kemanusiaan dan karena kami dari Ilmu Keperawatan, maka fokus utamanya yaitu kesehatan. Dengan tema baksos kali ini “Berbagi Kebaikan, Wujudkan Masyarakat Lebih Sehat”, kami berharap kegiatan yang membagi kebaikan seperti baksos, cek kesehatan, khitan dapat menciptakan masyarakat lebih sehat,”paparnya.

Febri juga menjelaskan bahwa kegiatan baksos ini dilaksanakan selama dua hari dan merupakan agenda tahunan NCC. “Sudah menjadi agenda tahunan yang kami programkan untuk Bakti Sosial ini. Ada dua hari pelaksanaan kegiatan dari tanggal 7 hingga tanggal 8. Pada tanggal 7 kami mengundang warga untuk menghadiri Sholat Isya’ berjamaah dan mengikuti pengajian. Pada minggu ini, kegiatan lebih banyak meliputi Senam Pagi, Cek Kesehatan, Konsultasi Dokter, Bazar Sembako dan Pakaian Murah, Khitan Gratis dan dilanjutkan siangnya pelatihan kesehatan bagi pemuda dan pemudi desa,”jelasnya.

NCC dalam mengadakan agenda ini juga bekerjasama dengan berbagai pihak. “Kami bekerjasama dengan RS PKU Muhammadiyah Bantul untuk tim kesehatan dan dokter. Tim Khitan berasal dari Tim RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Untuk baksos, kami bekerja sama dengan Tim dari Dompet Dhuafa, dan Dharul Tauhid yang banyak menyumbang obat dan membuka stand bazaar pakaian murah bagi warga,”lanjutnya.

Dengan adanya kegiatan baksos ini, Febri mengajak teman-teman mahasiswa khususnya untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar. “Lokasi ini dekat dengan kampus, namun masyarakatnya masih butuh bantuan dari kita. Untuk mahasiswa yang mengadakan kegiatan baksos sebenarnya tidak perlu jauh-jauh untuk membantu, di sekitar kampus pun banyak yang membutuhkan. Ayo untuk mahasiswa lebih peduli lingkungan sekitar,”ajaknya.

Dalam penutupnya dia berharap melalui kegiatan ini masayarakat Gunung Buthak dapat merasakan manfaatnya secara langsung, khususnya mengenai kesehatan. “Semoga masyarakat lebih mengeerti tentang kesehatan, dan dapat mempraktekkan langsung materi dan pelatihan yang telah kami adakan. Juga semoga warga bisa mengecek kesehatan secara rutin sebulan sekali di posyandu atau puskesmas untuk mencegah berbagai penyakit dan menjaga kesehatan,”tutupnya. (bagas)

Sharing is caring!