My World Survey UMYMy World Survey UMY

Mei 4, 2013 oleh : Humas UMY

Jargon UMY Muda Mendunia yang telah dicanangkan sejak Milad UMY ke-31 pada tahun 2012 lalu merupakan sebuah doa dan harapan kepada seluruh civitas akademika UMY agar senantiasa memiliki wawasan yang global, serta semangat pemuda yang senantiasa penuh energi untuk melakukan gerakan pencerahan.

Sebagai bentuk manifestasi Muda Mendunia maka inilah saatnya anda melakukan aksi nyata untuk terlibat dalam menentukan keputusan di kancah internasional. Kabinet Karya Bakti Nyata Badan Eksekutif Mahasiswa UMY (BEM UMY) mengajak seluruh elemen kampus dan masyarakat umum untuk mengikuti My World Survey ini.

My World Survey merupakan cara baru Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam menentukan MDGs pasca-2015, dimana MDGs sebelumnya (2000-2015) ditentukan melalui general assembly biasa. Bagi Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon hal ini merupakan cara baru dalam menentukan MDGs periode selanjutnya atau post-2015.

Melalui survey ini, masyarakat dunia ditanya langsung mengenai apa yang mereka inginkan pasca-2015. Adapun survei ini tersedia dalam 2 bentuk, online dan offline. Untuk Online voting, bisa langsung vote di umy.myworld2015.org. Di situ telah disediakan 16 possible issues yang mungkin dijadikan sebagai MDGs post-2015. Dari 16 itu, kita cukup memilih 6 possible issues yang menurut kita harus diperbaiki atau harus dijadikan MDGs post-2015 untuk Indonesia. Kemudian untuk versi offline yaitu dalam bentuk lembaran kertas (kuesioner) didistribusikan oleh surveyor yang telah bekerjasama dengan BEM UMY.

Dalam hal ini, BEM UMY mengadakan kerjasama dengan United Nations Information Centre, Jakarta-Indonesia dan United Nations Resident Coordinator untuk mengajak seluruh elemen kampus dan masyarakat umum berpartisipasi dalam survei ini, dengan tujuan memperoleh suara dari masyarakat Indonesia sebanyak-banyaknya. Pada akhirnya, suara masyarakat Indonesia akan didengarkan sebagai aspirasi bersama di kancah internasional. Semoga usaha kecil ini dapat membantu menyuarakan keinginan masyarakat Indonesia menuju Indonesia yang lebih baik.

vote