Muhammed Cetin: Kunci Pertumbuhan ekonomi Turki “education and health id Muhammed Cetin: Kunci Pertumbuhan ekonomi Turki “education and health”

Maret 14, 2013 oleh : BHP UMY
SAM_1924

Prof. Dr. Muhammed Cetin dalam seminar Turkey’s Economic Development Strategies in The Age of Globalization pada Senin (11/3) di Ruang sidang Gedung AR Fachrudin A Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Ada banyak faktor dalam pembangunan suatu Negara, namun yang terpenting dalam pembangunan ekonomi Turki adalah pendidikan dan kesehatan yang disertai dengan infrastruktur transportasi komunikasi yang aman untuk masyarakat serta sistem peradilan yang baik. Hal tersebut diutarakan Prof. Dr. Muhammed Cetin dalam seminar bertemakan Turkey’s Economic Development Strategies in The Age of Globalization pada Senin (11/3) di Ruang sidang Gedung AR Fachrudin A Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Cetin menjelaskan faktor terpenting dalam pertumbuhan ekonomi Turki ialah “education, education, education, and health”. Pendidikan menjadi prioritas di Turki dengan  menggabungkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai – nilai moral agar para pelajar terbebas dari pengaruh radikal. Untuk menunjang hal itu pemerintah Turki memberikan fasilitas yang baik mulai dari biaya pendidikan gratis, biaya penelitian, hingga computer tablet gratis untuk setiap pelajarnya. Cetin menegaskan bahwa pelajar di Turki tidak dituntut untuk bekerja ketika telah lulus namun diarahkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan beasiswa dari pemerintah untuk meningkatkan pendidikan generasi penerus. “Sarjana tidak harus bekerja tapi belajar” paparnya di depan 150an peserta seminar.

Selain pendidikan hal terpenting yang kedua ialah kesehatan. Pemerintah Turki baru-baru ini  membuka lebih banyak klinik dan rumah sakit bagi masyarakat dengan biaya gratis dan terjangkau. “kami membuka lebih banyak klinik dan rumah sakit dengan biaya gratis” tambahnya.

Pertumbuhan ekonomi yang baik juga tidak akan dapat dicapai tanpa adanya transportasi dan komunikasi yang cepat dan aman untuk mempermudah mobilitas barang dan jasa serta komunikasi masyarakat. Anggota Grand Turkish National Assembly dari partai AKP ini juga menambahkan sistem peradilan yang memberikan pengaruh terhadap ekonomi Turki yang tumbuh 8,7% jauh di atas Jerman yang hanya 0,5% saat ini. Sistem peradilan yang baik tanpa diskriminasi akan menciptakan stabilitas dalam masyarakat. Ia juga menjelaskan bahwa pentingnya untuk memenuhi kebutuhan hidup para penegak hukum beserta keluarganya untuk mencegah terjadinya korupsi.

Dalam seminar ini hadir pula Prof. Dr. Bambang Cipto, MA, Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam sambutan pembuka menyampaikan bahwa saat ini Turki menjadi salah satu Negara yang penting di dunia Islam dengan ekonomi yang baik, “dulu kita berbicara tentang Cina yang akan datang, namun sekarang Turki. Karena saat ini, Turki menjadi salah satu bintang Negara muslim” tambahnya. (Fahmy)

Sharing is caring!