Robot Mr. Cool Mk2 Juara I Kontes Robot Tingkat Regional 3

Mei 8, 2013 oleh : BHP UMY

IMG_1779Robot kreasi mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil menjadi juara pada Kontes Robot Nasional (KRN) Regional III (Daerah Istimewa Yogyakarta-Jawa Tengah) yang diselenggarakan pada 2-4 Mei 2013 di Universitas Islam Indonesia (UII). Hal ini merupakan langkah awal tim robot UMY menuju final tingkat nasional kontes robot Juni nanti.

Demikian disampaikan oleh Rama Okta Wiyagi, ST. selaku pembimbing saat diwawancarai pada Selasa, (07/05) di Laboratorium Teknik Elektro Kampus Terpadu UMY. Tim robot UMY yang dinamai Mr. Cool MK 2 terdiri dari Aji Ardiansyah Saputra, Syaiful Mansur, dan Amarullah Zulkarnain merupakan kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) berkaki. Robot Mr. Cool MK 2 buatan mereka ternyata mampu mengalahkan 19 robot dari PTN/PTS se DIY-Jateng dalam kontes ini.

Rama menjelaskan bahwa awalnya UMY mengirimkan tiga tim robot yang terdiri dari Mr.Cool MK 2 KRPAI berkaki, tim Xantrix KRPAI beroda, dan tim Hanoman Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI). “Dari ketiganya, Mr. Cool MK 2 yang berhasil lolos ke babak final nantinya. Mr. Cool MK 2 sendiri merupakan robot yang dirancang untuk memadamkan api dalam jarak 30 cm,” jelasnya.

Mr. Cool MK 2, imbuh Dosen Teknik Elektro UMY ini satu-satunya robot yang mampu memadamkan api. “Mr. Cool MK 2 sama seperti robot yang lain yang memiliki sensor yang nantinya akan dibaca oleh kontroler kemudian digerakan oleh aquator sehingga robot ini dapat memadamkan titik api dari sebuah lilin dengan jarak 30 cm,” imbuhnya.

Selain itu, Rama menuturkan bahwa robot jenis berkaki ini menggunakan tenaga angin untuk memadamkan api. “Robot ini dapat membaca dimana titik api tersebut, dan langsung memadamkan api dengan kekuatan angin yang dimiliki. Peran penting dalam robot ini adalah sensor apinya, sehingga robot ini mampu memadamkan api dengan baik,” tuturnya.

Rama memaparkan bahwa Mr. Cool MK 2 merupakan satu-satunya robot yang bisa memadamkan api secara sempurna pada kontes ini. Sehingga untuk kategori KRPAI Berkaki tidak ada juara 2 dan juara 3, hanya ada UMY sebagai juaranya. “Mr. Cool MK 2 ini sudah kami rancang dari dua tahun sebelum kontes ini, dan kami sangat bangga ketika hanya Mr. Cool MK 2 inilah yang mampu memadamkan api secara sempurna,” paparnya.

Senada dengan hal tersebut Syaiful salah satu mahasiswa dari Tim robot ini berharap bahwa nantinya robot ini bisa mengikuti kontes robot lainnya. “Tidak hanya mengikuti kontes robot saja, tapi bisa lebih dikembangkan untuk benar-benar dimanfaatkan sebagai alat pemadam kebakaran,” ungkapnya.