MIP UMY Sambut Senior Lecturer UUM

November 6, 2017 oleh : Una

Di era globalisasi seperti sekarang ini, tingkat daya saing pendidikan bukan lagi hanya sebatas di dalam negeri atau nasional saja, namun juga telah merambah cangkupannya hingga skala internasional. Hal inilah yang mendorong Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) UMY kembali mengadakan visiting lecturer dengan menghadirkan dosen senior University Utara Malaysia, Associate Prof Dr. Halimah Abdul Manaf pada hari Jumat (03/11) di Gedung Pascasarjana UMY.

Dr. Halimah Abdul Manaf selaku dosen senior School of Government di UUM spesialisasi Human Resources Management in Local Government ini telah memiliki pengalaman mengajar di beberapa negara dan universitas, termasuk kali ini di UMY.

“Saya rasa berbahagia bisa hadir di UMY. Karena saya bisa melihat keunggulan di kampus ini. Pertama, dalam kemampuan intelektual, mahasiswa UMY khususnya mahasiswa Ilmu Pemerintahan memiliki kemampuan akademis dan juga pengalaman dari pemerintah secara langsung. Kedua, dari segi infrastruktur bisa dilihat kawasan yang hijau di UMY adalah tempat yang baik untuk mengasah kemampuan intelektual yang memang sangat dibutuhkan oleh akademisi begitupun bagi mereka yang sedang belajar. Dan yang ketiga dari segi networking, disini ada hubungan yang dekat antara akademisi,” jelas Dr Halimah.

Dikesempatan yang sama saat diwawancarai Dr. Dyah Mutiarin menjelaskan mengenai bahwa UMY sudah mempunyai MOU dengan Universitas Utara Malaysia (UUM). MOU ini sudah berjalan selama 7 tahun, aktivitas yang sudah dilakukan selama tujuh tahun ini antara lain student exchange, student mobility, joint seminar, joint conference. “Kami akan meningkatkan aktifitas ke tahap untuk join degree, terutama Magister Ilmu Pemerintahan dengan Master of Public Administration,” jelas Dr Dyah.

Dr. Dyah juga menjelaskan bahwa MIP sudah yang ke tiga kali melakukan visiting lecture. “Sudah yang ke tiga kali MIP mengadakan visiting lecture, pertama dari Korea University, 2016 Thammasat University dan Khon Kaen University Thailand, dan sekarang dari University Utara Malaysia (UUM), karena memang saat ini program kami lebih banyak kami arahkan daya saing internasionalisasi MIP, karena target kami bukan lagi di nasional, tapi kami lebih mencapai daya saing Internasional,” tambah Dr. Dyah.

Senada dengan Dr Dyah Mutiarin, Sekretaris prodi MIP Erni Zuhriyati, S,IP., M.Si menambahkan bahwa hari ini, Prof Halimah akan melaksanakan beberapa agenda, salah satunya public class MIP mata kuliah partisipasi di pemerintahan lokal. “Beliau juga akan mengisi beberapa kelas di IGOV dan MIP mata kuliah perencenaaan perkotaan managemen perkotaan dan system informasi managemen,” tambah Erni.

“Beliau juga nanti akan mengisi public lecture dimana kami akan mengundang beberapa stakeholder di dalam penguatan kapasitas aparatur negara, khususnya di bidang teknologi informasi pemerintahan. Kami mengundang kepala desa disekitar Bantul dan Sleman kemudian kami mengundang bebrapa SKPD yang terkait dengan humas dari kabupaten di Yogyakarta, sehingga adanya penguatan kapasitas di dalam aparatur pemerintahan. Terutama fokus pada implementasi e-government agar nanti aparatur dapat beradaptasi perkembangan zaman,” jelas Erni. (Darel)