Milad 36 tahun, UMY Kembali Adakan Bhakti Sosial

Maret 14, 2017 oleh : BHP UMY

Dalam rangka Milad ke-36, UMY kembali mengadakan Bhakti Sosial sebagai bentuk kepedulian dan rasa syukur atas kemajuan dan berkembangnya UMY. Kali ini bertempat di Kompleks SD Muhammadiyah Munggang Wetan, Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kulonprogo. Selain bhakti sosial kepada warga Sidoharjo, juga diadakan pemeriksaan kesehatan dan gigi gratis.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Munggang Wetan, Sutarjo, yang menyambut langsung rombongan UMY, mengapresiasi pihak UMY. “Ini merupakan wujud kepedulian kepada SD Muhammadiyah Munggang Wetan. Semoga kegiatan ini dapat menambah kemajuan SD dan titik awal bagi UMY dan KAUMY untuk dapat membina SD Muhammadiyah Munggang Wetan. Sehingga kami bisa terus melaksanakan kegiatan pendidikan,” tuturnya.

Desa Sidoharjo memang merupakan desa binaan UMY. Dan SD Muhammadiyah Munggang Wetan merupakan satu-satunya Sekolah Dasar yang ada di wilayah Desa Sidoharjo. Telah berdiri sejak 1959 namun akhir-akhir ini mengalami kesulitan dalam melanjutkan kegiatan pendidikan. “Guru-guru yang wiyata bhakti banyak yang telah mengabdi selama 10 tahun. Namun belum ada perhatian dari pemerintah daerah. Akhirnya banyak tenaga pengajar yang keluar masuk di SD kami,” jelas Sutarjo.

Sutarjo menambahkan sudah banyak perkembangan yang dialami SD Muhammadiyah Munggang Wetan dalam beberapa tahun terakhir. Dirinya berharap tahun ajaran mendatang akan lebih banyak murid yang mendaftar di SD Muhammadiyah Munggang Wetan. “Kami berikan fasilitas tiga setel seragam bagi calon murid yang mendaftar SD. Kegiatan baru seperti Drumband dan Tapaksuci juga sudah aktif kembali. Kami juga akan merutinkan tilawah dan tahfid qur’an. Semoga bisa lebih memajukan SD,” tambahnhya.

Sementara itu, Bambang Wahyu Nugroho, Wakil Ketua panitia Milad 36 UMY, menyatakan komitmen UMY untuk memperhatikan pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan. “Komitmen kami untuk membantu di bidang pendidikan, ekonomi dan kesehatan. Sebagai desa binaan, ya salah satunya di Sidoharjo ini,” ujarnya.

Bambang juga mendorong anak-anak SD Muhammadiyah Munggang Wetan agar terus mempunyai cita-cita tinggi untuk bersekolah setinggi mungkin. Dan berpesan bagi orang tua juga untuk terus menyekolahkan anaknya hingga ke perguruan tinggi. “Nanti kalau sudah lulus SD, terus lanjut ke MTs atau SMP, terus SMA dan lanjut kuliah. Untuk orang tua, ayo dorong anak-anak untuk bersekolah sampai kuliah,”pesannya.

Baksos kali ini membagikan 200 paket sembako bagi warga Sidoharjo. Untuk pemeriksaan kesehatan dan gigi gratis, UMY mengerahkan tim dari TBM Alert FKIK dan Kedokteran Gigi UMY. Sementara bagi anak-anak SD Muhammadiyah dan TK ABA Munggang Wetan, diberikan pelatihan gosok gigi dan game seru dari anak-anak FISMO (FISIPOL Empowerement Society Club) UMY. Acara ini juga didukung penuh oleh Badan Pembina Harian UMY, Badan Pengelola Infaq UMY, Pimpinan Cabang Aisyiyah Pengasih dan KAUMY Pengda DIY. (bagas)