Menulis dan Diskusi Sambil Berorganisasi Cara Cepat Dapat Kerja

September 6, 2013 oleh : BHP UMY

_MG_5066Banyak orang yang berpikir setelah kuliah nanti akan kerja apa, tapi sayangnya, banyak yang sewaktu kuliah tidak mengembangkan potensinya. Padahal menurut saya, hal yang paling efektif untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah adalah dengan menulis dan berdiskusi sambil berorganisasi. Karena dengan itulah saya mendapatkan pekerjaan langsung setelah lulus kuliah tahun 2007 yang lalu.

Begitulah motivasi yang disampaikan oleh general manager PT. Bestindo Putra Mandiri, Fauzi Fashri, S.IP, M.Si dalam kuliah umum mahasiswa baru UMY 2013/2014. Acara yang dimoderatori oleh Kepala Biro Humas dan Protokol UMY Ratih Herningtyas, S.IP, M.A tersebut berlangsung digedung Sportorium UMY, Rabu (4/9).

Fauzi mengatakan, bahwa kuliah bukanlah jaminan untuk mendapatkan pekerjaan di masa depan nanti. Akan tetapi, masa depan yang gemilang dicapai dengan kebiasaan pribadi itu sendiri selama menuntut ilmu, seperti membiasakan komunikasi dan menulis dalam organisasi. “Saya mendapat pekerjaan yang sekarang ini lebih dipengaruhi oleh berorganisasi, bukan hanya bangku kuliah. Karena bangku kuliah belum tentu memberikan segala skill pada kita,” ujar penulis buku “Tak Sekedar Merah” ini.

Dalam memasuki dunia kerja, kadang pekerjaan tidak sesuai dengan apa yang dipelajari di waktu kuliah. Untuk mengatasi hal itu dipelukan soft skill yang banyak seperti bahasa, komputer, menulis, penelitian dan lainnya. “Saya mengatasi pekerjaan yang bukan jurusan kuliah saya dengan cara mempelajari prinsip umum dan metode dari pekerjaan tersebut,” terang Fauzi didepan mahasiswa baru UMY.

Fauzi juga memaparkan bahwa seseorang yang memulai sesuatu, akan tetapi tidak tercapai apa yang diinginkannya, tidak perlu putus asa. Karena suatu kegagalan bukan berarti akhir dari segala sesuatu, bahkan itu berarti batu loncatan untuk mencapai yang lebih baik lagi. “Gagal bukan berarti bencana, tapi itu suatu dorongan untuk berbuat dan mencapai yang lebih baik,”jelas alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UMY ini.

Pada akhir ulasannya, Fauzi mengungkapkan bahwa mahasiswa UMY harus bisa membangun jaringan. Karena jaringan itulah nantinya yang akan membantu dalam berkarir nanti. Selain itu, tetap menjaga hubungan dengan alumni dimana pun nantinya mereka bertugas. “Dalam keluarga alumni UMY kita sudah membangun jaringan untuk memberikan pekerjaan pada adik- adik semua, tapi tentunya sesuai dengan kemampuan kami,” ungkapnya. (syah)