Mau Kuliah Harus Pintar Pilih Universitas dan Jurusan

November 5, 2014 oleh : BHP UMY

Siswa-Siswi SMA As-Salam Solo saat melakukan kunjungan ke UMY

Memilih universitas dan jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan saja, untuk saat ini ternyata belum cukup. Ada hal penting lainnya yang juga harus diperhatikan ketika seseorang ingin memasuki dunia perkuliahan. Hal tersebut yakni akreditasi universitas dan jurusan. Sebab hingga saat ini, akreditasi universitas dan jurusan masih menjadi syarat utama ketika seseorang ingin mendaftar kerja.

Demikian disampaikan Bachtiar Dwi Kurniawan, MPA, selaku kepala urusan penerimaan mahasiswa baru, Biro Admisi UMY. Bachtiar menyampaikan hal tersebut di hadapan 150 siswa-siswi SMA Pondok Pesantren As-Salam Solo, saat melakukan kunjungan ke UMY, Rabu (5/11).

Di hadapan para siswa-siswi inilah Bachtiar juga mengatakan bahwa untuk mengetahui kualitas pendidikan di suatu perguruan tinggi, harus melihat akreditasi yang diraihnya. “Karena itu kalian harus mencari perguruan tinggi yang sudah terakreditasi. Syukur-syukur perguruan tinggi itu sudah terakreditasi A. Dan di Jogja, salah satu perguruan tinggi swasta yang sudah terakreditasi A itu UMY,” ujarnya.

Begitu pula dengan jurusan atau program studi, lanjut Bachtiar, akreditasi yang diraih oleh jurusan juga harus menjadi tolak ukur. “Karena kalau akreditasinya tidak bagus, tidak bisa mendaftar kerja. Seperti kalau kalian besok ingin mendaftar CPNS, akreditasi jurusannya harus A atau minimal B. Jika selain dua predikat itu, tidak bisa lolos,” paparnya.

Sementara itu, Ustad Susilanto Hadikartiko, selaku pembimbing siswa-siswi SMA As-Salam Solo, menyatakan maksud kedatangannya untuk mengetahui berbagai hal mengenai dunia kampus. Baik itu dari segi program studinya, fasilitas, suasana akademik, kegiatan kemahasisswaan maupun beasiswa yang disediakan oleh UMY.

Ia juga mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan salah satu program sekolah dan pesantren yang sudah berjalan selama 6 tahun. “Sudah beberapa universitas di Jawa yang telah kami kunjungi. Baik itu universitas negeri maupun swasta. Dalam satu kali program kunjungan, kami juga biasanya mengunjungi dua macam universitas ini. Tujuannya agar anak didik kami mengetahui perbedaan antara universitas negeri dan swasta. Selain juga mengetahui perbedaan cara mereka dalam menerima mahasiswa baru,” ungkapnya.

Rombongan SMA As-Salam Solo ini, setelah melakukan kunjungan ke UMY, mereka akan melanjutkan perjalanan ke Bandung, dengan tujuan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjajaran (Unpad).

Sharing is caring!