Mary McBride Mampir di Music Program American Corner UMY

Desember 8, 2013 oleh : BHP UMY

Musisi asal Amerika Serikat, Mary McBride band pada Jum’at (7/12) siang menggelar konser dalam music Program American Corner UMY di kampus UMY dalam rangka melengkapi tour ke berbagai Negara yang sedang mereka jalani. Mereka didatangkan langsung oleh Kedutaan besar Amerika Serikat dan akan melaksanakan konser di beberapa kota di Indonesia. Melalui lagu-lagunya seperti No One’s Gonna Love You Like Me penampilan mereka berhasil menghibur para penonton yang hadir dalam konser yang diadakan di hall UNIRES Putri UMY, terbukti dengan meriahnya sambutan para penonton yang hadir.

Anggukan kepala penonton sesuai irama mengiringi lagu-lagu yang dinyanyikan Mary dan kawan-kawan. Irfan, Salah seorang penonton yang terlihat ikut menyaksikan di depan panggung mengatakan baru kali ini mengetahui musik Mary McBride band, ia mengaku lagu yang dinyanyikan enak di dengar. “Saya baru belum pernah dengar nama dan lagu band ini sebelumnya, lagunya enak di dengar. Saya rasa akan menjadi fans mereka setelah ini,” katanya.
Vokalis Mary McBride mengaku senang berada di Indonesia karena sambutan para penonton dinilainya begitu hangat. Indonesia, kata Mary, adalah salah satu Negara terbaik yang ia kunjungi dalam turnya tersebut. “Banyak Negara yang kami kunjungi, Indonesia adalah salah satu yang terbaik. Sambutan penonton luar biasa. Makanan di Indonesia juga salah satu yang paling lezat,” tuturnya disambut riuh tepuk tangan ratusan penonton.
Mariska Intansari, SS, selaku direktur American Corner UMY mengatakan Mary McBride sengaja didatangkan kedutaan besar Amerika Serikat untuk mempromosikan pemahaman budaya. “Mereka didatangkan US Embassy dengan misicultural understanding. Mereka akan keliling  kota di Indonesia, sebelum ini mereka ke Medan. Mereka ada di Jogja sejak tanggal 4 kemarin dan sekarang mengisi (konser) disini. Indonesia adalah Negara ke 20 yang mereka kunjungi,” ungkapnya.
Mariska mengaku dengan adanya event seperti ini diharpakan dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang budaya masyarakat AS. Sebaliknya dalam konser itu, lanjut Mariska, pihaknya juga menampilkan kesenian Indonesia untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada Mary McBride. “Supaya anak-anak kenal budaya Amerika itu apa saja dan seperti apa salah satunya music ini, kadang-kadang budaya Amerika tidak seperti kita lihat. Kita juga tampilkan kebudayaan daerah kita, tadi ada tari saman untuk membuka acara, selain itu juga ditampilkan lagu-lagu jawa dan dari timur,” ungkapnya.
Indonesia menjadi Negara ke 20 yang di kunjungi band dengan aliran country tersebut dalam tour yang tengah berjalan selama 2 tahun terakhir. Tour yang sedang dijalani Mary dan kawan-kawan tersebut diselenggarakan oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.  Dalam acara yang diselenggarakan American Corner UMY itu juga dibagikan dorprize berupa CD album dan T-shirt Mary McBride. (Lalu)