Mantapkan Akhlaq dan Niat, Mudahkan Pekerjaan

November 1, 2017 oleh : BHP UMY

“Dan persiapkanlah dengan segala kemampuan untuk menghadapi mereka dengan kekuatan yang kamu miliki dan dari pasukan berkuda yang dapat menggentarkan musuh Allah, musuhmu, dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; tetapi Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu infakkan di jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dizalimi (dirugikan).”

Kalimat tersebut merupakan arti dari Al-Quran Surat Al-Anfal ayat 60 yang diangkat oleh Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag saat menjadi materi kajian bertajuk “Akhlaq dalam Bekerja”. Kajian tersebut diselenggarakan untuk memperingati sumpah pemuda di lingkungan tenaga kependidikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) (28/10), dan digelar di Gedung K.H Ibrahim Kampus Terpadu UMY.

Dalam kesempatan tersebut Yunahar Ilyas menjelaskan bahwa salah satu implementasi dari Ayat 60 Surat Al-Anfal tersebut adalah memantapkan niat dan akhlaq dalam bekerja, sehingga pekerjaan yang digeluti akan mudah dikerjakan serta diridhoi Allah SWT. “Yang dimaksud dari ayat di atas dalam konteks berperang yang perlu di persiapkan adalah akhlaqnya terlebih dahulu baru senjata. Sebab apabila senjata yang dipersiapkan terlebih dahulu sementara akhlaq belum tertata maka akan kesulitan dalam menggunakan senjata tersebut. Dan itu tidak berbeda halnya dalam bekerja yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu adalah akhlaqnya,” ujarnya.

Akan tetapi menurutnya, banyak umat Islam yang rupanya belum memahami hal tersebut dengan baik, sehingga menimbulkan sebuah permasalahan. Salah satu diantaranya adalah sholat berjamaah. Banyak umat Islam yang lebih memilih untuk sholat sendiri ketimbang sholat berjamaah di Masjid.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah serta Staf Pengajar Pascasarjana (S2) UMY ini juga mengatakan bahwa, yang menjadi permasalahan umat Islam saat ini adalah penurunan angka jama’ah shalat lima waktu, terutama shalat subuuh. Tidak terkecuali di Lingkungan UMY. “Bangsa ini akan terhindar dari berbagai macam masalah apabila masyarakatnya mau melaksanakan shalat dengan berjama’ah,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan Dekan FEB M.Rizal Yahya, SE,M.Ec,Ak,CPA. Ia menghimbau kepada tenaga pendidik di UMY khususnya di lingkungan FEB untuk terus melakukan perbaikan diri guna meningkatkan kualitas dalam bekerja. “Dan harapannya hal tersebut dapat berimplikasi kepada lulusan yang berakhlaqul karimah,” ujarnya.

Selain Prof. Yunahar dan Dekan FEB kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia Dr. Nano Prawoto, SE., M.Si, Dosen, Karyawan dan Staff di Lingkungan Kerja FEB.