Malam Puncak Gebyar Milad UMY ke 33 Tampilkan Kreatifitas Anak Berkebutuhan Khusus Hingga Barongsai

Mei 16, 2014 oleh : BHP UMY

7

Dua  buah barongsai yang dimainkan oleh mahasiswa UMY terlihat menari memperagakan gerakan akrobatik di tengah kelap kelip lampu panggung, sesekali barongsai itu melompat mengikuti iringan musik pada Malam Puncak Gebyar Milad UMY ke 33, di Sportorium UMY, Rabu (14/5) malam.

Lenggak-lenggok penari yang menggunakan pakaian adat daerah nusantara juga ikut menyemarakkan suasana. Tak mau ketinggalan, siswa SLB 1 Bantul juga turut unjuk gigi menghibur tamu dengan membawakan beberpa tembang serta aksi pantomim yang mengundang gelak tawa penonton.

Ketua pelaksana, Murdian, mengatakan, acara yang diselenggarakan BEM UMY itu merupakan acara yang spesial, karena menampilkan hiburan yang belum pernah ditampilkan pada rangkaian Milad UMY sebelumnya. Malam puncak itu, lanjut Murdian, menjadi penutup seluruh rangkaian kegiatan perayaan Milad ke 33 UMY tahun ini.2

“Ingin menampilkan yang belum pernah ditampilkan sebelumnya, kreatif dan inovaatif,” katanya di sela-sela acara.

Ia menambahkan, pihaknya sengaja melibatkan para pelajar berkebutuhan khusus sebagai pengisi acara pada gelaran bertajuk Inspirasi membangun negeri itu lantaran ingin memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkreasi.

Ia menilai, para siswa berkebutuhan khusus juga memiliki kreatifitas yang tidak kalah dengan orang normal. Sehingga BEM UMY berusha untuk memberikan kesempatan bagi para pelajar tersebut untuk berkreasi. Mahasiswa, tambah Murdian, sejatinya tidak hanya beraktifitas di dalam kampus, namun juga aktif pada kegiatan sosial di masyarakat.

“Kita selaku mahasiswa bergerak tidak hanya di kampus tapi juga di masyarakat sosial, yang berkreasi tidak hanya yang sempurna tapi juga yang kekurangan juga mampu untuk berkreasi dan berinovasi,” sambungnya.

6Sementara itu, Wakil Rektor I UMY, DR. Gunawan Budiyantio, MP menyampaikan rasa bangganya kepada mahasiswa UMY yang telah mampu menyelenggarakan acara itu. Ia menyebutkan, UMY sangat menghargai peran mahasiswa yang mengharumkan nama UMY di masyarakat.

Selama delapan tahun terakhir, jelasnya, mahasiswa UMY memang banyak mendulang prestasi yang diakui oleh masyarakat. Kepercayaan masyarakat itu, kata Gunawan harus senantiasa dijaga oleh segenap civitas akademika UMYdan membutuhkan komunikasi yang baik antara mahasiswa dan universitas.

“Kenapa kita harus berbangga karena merupakan kerja keras dari mahasisawa, tanpa mahasiswa, UMY bukan apa-apa,” ujar Gunawan saat membuka acara itu.

Selain menampilkan berbagai atrakasi kesenian dan bela diri, pada acara itu juga diumumkan pemenang lomba Gebyar Milad UMY dan peraih penghargaan dalam The First Anuual BEM UMY Awards 2014 yang juga baru pertama kali diselenggarakan. Berikut ini para penerima penghargaan BEM UMY Awards 2014:

 

  1. Pegawai terfavorit lembaga kemahasiswaan UMY: Triana (Career Development Center UMY)
  2. BEM Fakultas Terbaik: BEM FISIPOL UMY.
  3. Bem Fakultas Terinspiratif: BEM Fakultas Pertanian UMY.
  4. UKM Terbaik: Tapak Suci UMY
  5. UKM Terinspiratif: Mahasiswa Pecinta Alam UMY.
  6. HMJ Terbaik: Keluarga Mahasiswa Tekbik Elektro UMY.
  7. HMJ Terinspiratif: Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter UMY.
  8. Juara Putra Putri UMY 2014: Muhammad Haikal dan Lucitania Rizky
  9. Putra Putri UMY Terfavorit 2014: Tengku Rivai Akbar dan Rafida Deviani.