Mahasiswa Universitas Passau Jerman Kunjungi UMY

September 19, 2012 oleh : BHP UMY

Dalam rangka memperkenalkan budaya dan bahasa Indonesia kepada mahasiswanya, Universitas Passau Jerman melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Sebanyak delapan mahasiswa tersebut  telah mempelajari bahasa dan budaya Indonesia selama 2 Semester di kampus mereka. Untuk mengenal bahasa dan budaya Indonesia lebih dalam mereka telah melakukan kunjungan ke Indonesia sejak Agustus 2012 dan  berakhir di UMY.

Hal ini disampaikan oleh Dosen dari Universitas Passau Jerman, Lita Priyatna ketika memberikan sambutannya dalam “Sharing and Discussion” yang bertempat di gedung pertemuan Magister Ilmu Pemerintahan UMY, Senin (17/9). Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari CGG ( The Center for Good Governance) Yogyakarta, mahasiswa Magister Ilmu Pemerintahan UMY serta dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UMY.

Menurut Lita kunjungan mereka ke UMY adalah untuk melihat seperti apa kegiatan yang dilakukan selama ini di UMY terkait dengan kegiatan internal maupun external. “Selain itu kunjungan kami ke Indonesia ini ada beberapa kelompok mahasiswa. Diantaranya ada yang melakukan kunjungannya dalam hal seni dan budaya Indonesia. Selanjutnya dalam masalah keperempuanan, dan terakhir dalam hal wisata dan geografi,”  tuturnya.

Selain itu Lita juga berharap kunjungan ini dapat menjadi awal yang baik untuk dapat menjalin kerjasama antara Universitas Passau Jerman dengan UMY. “Setelah kunjungan ini kedepannya mungkin akan terjalin kerjasama yang baik antara Universitas Passau Jerman dengan UMY misalnya dalam hal pertukaran pelajar, seminar internasional dan hal lain terkait dengan masalah pendidikan” ujarnya.

Kepala Biro Kerjasama Internasional UMY, Dr. Indira Prabasari menyambut baik kunjungan yang dilakukan oleh rombongan dari Universitas Passau Jerman ini. Dalam kunjungan tersebut Dr. Indira menjelaskan sejumlah kegiatan serta kerjasama internasional yang dilakukan oleh UMY.  “Kerjasama UMY yang dilakukan UMY dengan beberapa universitas di luar negeri antara lain SIAS University in China, Korea University, Islam International University Malaysia, University Utara Malaysia dengan program student Exchange” jelasnya.

Sementara itu Hana, salah seorang mahasiswi Universitas Passau Jerman yang ikut berkunjung ke UMY saat ditemui usai presentasi mengatakan bahwa dia sangat tertarik dengan UMY. “UMY meimiliki banyak program yang menarik. Kedepannya, saya sangat ingin belajar di UMY dan pastinya saya akan mengajak teman-teman di Jerman”. Tandasnya. (Ibda & Sakinah)

Sharing is caring!