Berita

Mahasiswa UMY Wakili Maluku di Ajang Sail Wakatobi-Belitong 2011

Salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terpilih menjadi Duta Wisata pada ajang   Sail Wakatobi-Belitong (SWB) 2011  mewakili daerah asalanya Propinsi Maluku. Senang dan sangat bangga bias menjadi bagian dari kegiatan tersebut, banyak pengalaman dan pelajaran tentang kebaharian yang didapat.

Demikian disampaikan oleh Kartini mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi UMY yang terpilih sebagai Duta Wisata Propinsi Maluku pada SWB 2011 dalam wawancaranya di Kampus Terpadu UMY. (24/10)

Sail Wakatobi-Belitong 2011 merupakan salah satu kegiatan kebaharian yang bertaraf internasional dan pertama kali diselenggarakan di Indonesia. Tema yang diangkat dalam event ini adalah  “Clean the Ocean for Future Live”. Dengan tujuan untuk mengenalkan pemudater hadap kebaharian Indonesia.

Kartini menambahkan untuk bisa mewakili Maluku dalam ajang ini melewati proses seleksi yang ketat. “saya harus melalui seleksi interview, dan beberapa cabang olahraga seperti lari dan renang karena kegaiatannya menyangkut kebaharian. Selain itu juga harus membuat proposal terkait potensi wisata yang dimiliki oleh daerah kita, dan proposal itu dinilai langsung oleh tim dari Kementrian Pemuda dan Olahraga” tambahnya.

Setelah dinyatakan lolos mewakili Maluku beserta peserta lainnya yang berasal dari 33 Propinsi di Indonesia, Kartini memulai kegiatannya di Jakarta. “acara kami dimulai dari Jakarta lalu kepulau Natuna yaitu pulau perbatasan antara Indonesia-Vietnam setelah itu ke Batam lalu ke Dumai dari situ kami ke Bangka lanjut lagi ke Belitung dan kembali ke Jakarta” urainya.

Selama kurang lebih satu bulan perjalanan ke daerah-daerah itu Kartini dan peserta lainnya menggunakan kapal perang KRI Makassar 590 milik TNI AL. selama berada di daerah tersebut banyak kegiatan positif yang dilakukan seperti penyuluhan kebaharian, pembersihan lingkungan pantai,  penanaman pohon bakau, dan kegiatan positif lainnya.

Kartini berharap kegiatan seperti ini akan terus ada ditahun-tahun mendatang karenasangat bermanfaat.  “semoga saja kegiatan ini terus diselenggarakan sehingga pemuda-pemuda Indonesia jadi tahu seberapa besar kekayaan bahariyang dimiliki oleh Indonesia dan peduli terhadap lingkungan bahari tersebut” harapnya.

Sementara itu dilain kesempatan Aswad Ishak M.Si Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi menuturkan rasa bangga terhadap mahasiswanya yang dapat berprestasi melalui ajang tersebut. “prestasi para mahasiswa selama ini cukup banyak dan ada diberbagai bidang,  dan kami bangga mereka dapat mengukir prestasi dibidang apapun itu”. Jelasnya.

Aswad mengharapkan mahasiswalainnya juga dapat mengikuti jejak Kartini meraih prestasi ditingkat nasional maupun internasional. “kami juga akan selalu member dukungan serta apresiasi kepada siapapun mahasiswa yang berprestasi baik dibidang akademis maupun non akademis” ujarnya.

Share This Post

Berita Terkini