Mahasiswa UMY Wakili DIY Di PEKSIMINAS 2018

September 15, 2018 oleh : BHP UMY

Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) kerap menghasilkan berbagai prestasi di berbagai bidang. Mulai dari prestasi akademik sampai non akademik berhasil diukir oleh mahasiswa dan mahasiswi dari kampus Muhammadiyah yang berada di Kabupaten Bantul ini. Baru – baru ini salah satu mahasiswi UMY berhasil mengukir prestasi di bidang tarik suara pada Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), melalui Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) pada Senin (3/9) di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa APMD (STPMD – APMD) Yogyakarta.

Salah satu mahasiswi UMY bernama Sasmi Azizah berhasil membawa pulang gelar juara dalam kategori Dangdut pada gelaran Peksimida yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Saat ditemui di ruang Biro Humas dan Protokol (BHP) UMY pada Jumat (13/9), Azizah menjelaskan bahwa persiapan yang dilakukan untuk mengikuti perlombaan sangat cepat. Tetapi, berkat strategi tepat, mahasiswi Program Studi Hubungan Internasional (HI) ini berhasil menjadi yang terbaik dari 34 peserta lainnya. “Ada beberapa kategori yang dipertandingkan pada Peksimida 2018 kali ini. Pelatih melihat peluang di salah satu kategori, yaitu dangdut. Dengan persiapan yang singkat, Alhamdulillah saya berhasil mengungguli peserta lainnya,” ujarnya.

Salah satu anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa Sun Shine Voice (PSM SSV) menuturkan bahwa ini kali pertama ia membawakan lagu dangdut untuk sebuah kompetisi. “Latar belakang saya adalah Keroncong, untuk mengikuti lomba menyanyi aliran dangdut menjadi tantangan baru bagi saya, karena ini lomba dangdut pertama saya. Setahu saya, tidak semua penyanyi bisa membawakan lagu dangdut dengan baik, dikarenakan penyanyi harus memiliki karakteristik suara yang berbeda,” tutur Azizah.

Dengan kemenangan ini, Azizah berhak melaju pada kompetisi Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) sebagai wakil dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang akan berlangsung pada bulan Oktober 2018 mendatang yang akan dilaksanakan di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa APMD (STPMD – APMD) Yogyakarta.(ak)