Mahasiswa UMY terpilih sebagai Sekjen MUN Internasional

Oktober 2, 2017 oleh : BHP UMY

Muhammad Rizal Saanun, mahasiswa angkatan 2014 International Program of International Relations Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (IPIREL UMY), terpilih sebagai Secretary General pada ajang AYIMUN 2017 (Asia Youth International Model United Nations).

Saat dihubungi pada hari Senin (2/10) Rizal menjelaskan terpilihnya dia menjadi SecGen AYIMUN 2017 merupakan mandat langsung yang diberikan oleh presiden Indonesia Global Network, Muhammad Fahrizal. “Pemilihan ini tentunya melalui tahapan seleksi administrasi yang dilakukan oleh tim Indonesia Global Network,” tambahnya.

AYIMUN (Asia Youth International Model United Nations) merupakan sebuah simulasi sidang PPB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) tingkat internasional yang akan diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 3 hingga 6 November 2017. Untuk tema AYIMUN tahun ini bertemakan “Enhancing Global Power through Diplomacy and Regional Integration.”

Mahasiswa yang aktif dalam bidang Model United Nations ini selain terpilih menjadi SecGen AYIMUN 2017, dalam kurun waktu beberapa bulan sebelumnya Rizal juga mendapatkan prestasi lain. Diantara yakni The Delegate of Bali Democracy Forum Model UN 2017, Best Delegate of Little Circle Foundation Bali International Model United Nations (LCF BIMUN) 2017, The Most Outstanding Delegate JAVA Model United Nations (JAVA MUN) 2017, dan Delegate of National Fellowship Camp 2017 by Merit Indonesia for the United Nations Sustainable Development Goals 2017.

Selain itu juga, Rizal juga aktif di berbagai organisasi, baik di dalam maupun di luar kampus, diantaranya Indonesia Global Network, ASEAN Youth Leaders Association (AYLA) Chapter Indonesia, Student English Activity UMY, BEM FISIPOL, UMY Model United Nations, Sahabat Beasiswa Chapter Yogyakarta, Youth Interfaith Peacemaker Community Chapter Yogyakarta, dan Forum Anak Daerah Kayu Putih (FANDKIP).

Dalam akhir wawancara, Rizal berpesan kepada mahasiswa untuk fokus pada bidang yang disukai. “Harapan saya kepada mahasiswa UMY adalah jangan pernah berhenti untuk terus mengasah kemampuan diri, teruslah belajar dan mengasah semangat. Karena yang paling terpenting adalah yakin dan percaya bahwa semua orang punya kemampuan dalam jatah sukses dari hasil kerja kerasnya, serta pergunakanlah waktu sebaik mungkin untuk menggapai cita-cita dan terus berprestasi,” tutupnya. (darel)

Sharing is caring!