Mahasiswa UMY Ciptakan Effervescent, Suplemen Antikanker Payudara Pertama di Indonesia

Juli 16, 2018 oleh : BHP UMY

Salah satu kanker yang memiliki angka insidensi terbesar di Indonesia adalah kanker payudara. Kanker Payudara (KPD) merupakan jenis kanker yang menempati urutan pertama pada perempuan. Jenis kanker ini biasanya muncul pada wanita dengan usia di atas 50 tahun. Untuk itu mahasiswa farmasi UMY yang terdiri dari Fatma Sari Masitha, Dwi Asih Ramadhani, dan Hayu Ikfini berinovasi menciptakan sediaan suplemen antikanker payudara yang murah dan menyegarkan.

Fatma Sari selaku ketua tim penelitian menyampaikan bahwa di Indonesia sendiri menurut Badan Registrasi Kanker Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Indonesia (IAPI) dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI), pada tahun 2010 angka kejadian kanker payudara di Indonesia yaitu 12 dari 100.000 perempuan, angka ini terus meningkat sejak tahun 2002. dengan suplemen yang mereka beri nama NONA CAMELLIA sangat dibutuhkan pada masa sekarang ini, terutama dengan cara memanfaatkan tanaman herbal yang memiliki aktivitas sebagai kemopreventif. “Daun teh (Camellia sinensis) memiliki banyak manfaat, yang paling besar yaitu sebagai antioksidan kuat karena di dalam daun teh terdapat kandungan senyawa aktif seperti katekin. Selain itu daun sirsak juga memiliki senyawa antikanker yaitu acetogenin. Kombinasi antara keduanya ternyata memiliki aktivitas antikanker yang cukup tinggi,” ungkapnya saat diwawancarai Biro Humas dan Protokol UMY pada Senin (16/7) di Kampus Terpadu UMY.

Fatma Sari menambahkan bahwa suplemen NONA CAMELLIA ini mereka buat dengan bentuk sediaan EFFERVESCENT yang bisa diseduh dengan air biasa ataupun air dingin sesuai selera. “Suplemen ini mudah dikonsumsi, memberikan kesegaran ketika diminum, dan menghilangkan rasa tidak enak dari ekstrak daun teh dan daun sirsak tersebut. Suplemen ini diharapkan mampu menjadi solusi permasalahan kesehatan masyarakat terutama dalam pencegahan kanker payudara. NONA CAMELLIA telah teruji secara in vitro yaitu melalui uji kandungan senyawa kimia, uji aktivitas antioksidan, optimasi uji interaksi senyawa-reseptor dan uji fisik sediaan,” ujarnya

“Dari semua uji yang telah kami lakukan ternyata menghasilkan sediaan yang potensial. Selain itu, kami juga sedang dalam proses publikasi ilmiah dalam konferensi Internasional. Suplemen effervescent NONA CAMELLIA ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif untuk perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang kesehatan, serta dapatmembantu masyarakat untuk mencegah kanker payudara dengan memanfaatkan bahan yang berasal dari alam yaitu kombinasi ekstrak daun teh dan daun sirsak melalui suplemen NONA CAMELLIA,” tutupnya.