Mahasiswa MIP UMY Kunjungi BKD DIY

Juni 4, 2014 oleh : BHP UMY

Mahasiswa MIP UMY tengah berdiskusi dengan Kepala BKD DIY

Mahasiswa Pasca Sarjana Magister Ilmu Pemerintahan UMY (MIP UMY) mengadakan kunjungan lapangan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY. Kedatangan puluhan mahasiswa S2 tersebut untuk mendiskusikan berbagai hal seputar UU No 5 Tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN).

“Mereka ingin belajar banyak dengan BKD tentang kepegawaian mulai dari rekrutmen hingga kenaikan pangkat,” ungkap Zuly Qodir Dosen MIP UMY saat mendampingi para mahasiswa di BKD DIY, Rabu (4/5) pagi.

Zuly menyebutkan, kebanyakan mahasiswa MIP UMY berasal dari luar jawa sehingga mereka ingin belajar banyak tentang tentang kepegawaian di DIY. Zuly menilai DIY merupakan pusat dari kemajuan tentang pendidikan serta kepegawaian. Sehingga diharapkan para mahasiswa itu nantinya dapat menerapkan ilmu yang didapat dari BKD DIY di daerah asalnya.

“Mahasiswa bisa belajar banyak sehingga ketika mereka kembali ke daerahnya mereka bisa bermanfaat. DIY menjadi pusat kemajuan tentang pendidikan dan kepegawaian,” tambanhya.

Sementara itu Kepala BKD DIY R Agus Suprianto mengatakan, BKD DIY memang telah lama melakukan berbagai inovasi dalam penerimaan pegawai. DIY, lanjutnya telah menerapkan sistem kompetensi dan tes psikologi jauh sebelum adanya UU ASN kepada calon pejabat dan pegawai. Calon pejabat, sambungnya, akan mendapatkan assessment dan tes psikologi dan akan ditempatkan sesuai dengan kompetensinya yang ditunjukkan dari hasil tes tersebut.

“Untuk menduduki jabatan kita menggunakan kompetensi, DIY sudah lama menerapkan ASN. Sehingga dokter umum bisa jadi Kepala Dinas Perikanan. Yang penting punya keahlian,” ungkapnya.

Agus mengatakan, pihaknya dengan senang hati akan berbagi pengetahuan seputar kepegawaian kepada mahasiswa. Terlebih BKD DIY telah menjalin kerja sama sejak lama dengan UMY. Ia menyebut mahasiswa UMY telah aktif datang ke BKD untuk melakukan Kerja Lapangan.

“Mahasiswa UMY juga sering datang melakukan kerja lapangan di BKD,” ungkap Agus.

Agus menuturkan, kerjasama yang sudah dijalin kedua pihak tidak hanya sebatas Kerja Lapangan, namun BKD DIY juga sempat menyekolahkan pegawainya di Pasca Sarjana UMY. “Kita kerjasama begitu lama, pada waktu awal-awal kita kerjasama dengan MM UMY, teman kita ada yang disekolahkan di UMY,” tukasnya. (fahmy)