Mahasiswa Kedokteran Gigi 2015 Gelar Baksos

Mei 30, 2018 oleh : BHP UMY

Mahasiswa Program Studi Kedokteran Gigi UMY menggelar bakti sosial pada Jum’at hingga Ahad (11-13/5), di Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Baksos yang mengambil tema “Langkah Kecil, Aksi Nyata Sehatkan Indonesia” tersebut diikuti oleh ratusan warga Desa Banyuroto.

Muhammad Zulhijrianur selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan bahwa kegiatan baksos tersebut terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, dengan acara utama yaitu pengobatan gratis (umum, gigi dan mulut). “Perawatan gigi yang dilakukan pada baksos kali ini meliputi pencabutan gigi dewasa dan anak-anak, perawatan saluran akar, fissure sealent, topikal aplikasi fluor, scaling, pemasangan gigi tiruan sebagian lepasan dan penumpatan gigi,” ujarnya.

Selain itu pada bakti sosial ini juga diselenggarakan DHE (dental health education), penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut pada siswa SD N 1 Banyuroto, kaderisasi ibu-ibu PKK, sembako murah, dan bazar murah serta kegiatan lain yang melibatkan masyarakat Desa Banyuroto seperti jalan sehat, pengajian, pentas seni ketoprak dan tari tradisional. “Bakti sosial ini sebagian besar juga melibatkan dokter gigi, dokter umum, co-asisten dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,” imbuh Zulhijrianur.

Zulhijrianur juga mengungkapkan bahwa ada 700 pasien dan lebih dari 1000 kasus yang mereka temui dalam pemeriksaan gratis di acara baksos tersebut. Jumlah pasien tersebut menurutnya juga merupakan jumlah pasien terbanyak dari baksos yang diadakan oleh angkatan-angkatan sebelumnya, dari target awal untuk pengobatan gratis yaitu 600 pasien.

Bakti sosial ini mendapat dukungan dari Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi (HIMAKAGI), pihak Program Studi Kedokteran Gigi, pihak Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, pihak Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Bapak Yanto selaku Kepala Desa Banyuroto, serta Bapak Maryoto selaku Sekretaris Desa Banyuroto.

PT. Indah Kiat Pulp & Paper, PT. Centra Raya Madani, Sikat Gigi Formula, GC, Sinar Wijaya Dental Supply, dan Cobra Dental merupakan perusahaan yang memberikan bantuan dana serta bahan-bahan untuk pengobatan gigi dan mulut sehingga bakti sosial ini dapat berjalan dengan lancar.