Mahasiswa IP Deklarasikan Klinik Skripsi

Mei 21, 2015 oleh : BHP UMY

Bagi sebagian mahasiswa tugas akhir atau skripsi merupakan salah satu momok permasalahan dalam menyelesaikannya. Pada Rabu (20/5) bertempat di Mini Theater Gedung D Lantai 4, mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan (IP) Univesitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membentuk komunitas untuk menyelesaikan skripsi dengan nama Klinik Skripsi. Pendeklrasian komunitas Klinik Skripsi turut dihadiri oleh Ketua Jurusan IP UMY Dr. Suranto, perwakilan dosen, dan mahasiswa IP angkatan 2012.

Singgih Dwinarko, selaku ketua acara mengungkapkan, pendeklarasian komunitas Klinik Skripsi ini merupakan gagasan dari rekan-rekan mahasiswa angkatan 2012 yang sedang dalam proses penyusunan skripsi. Tujuan dari komunitas ini yaitu untuk memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi, mempermudah rekan-rekan mahasiswa dalam mendapatkan refrensi, dan saling berbagi informasi dan ilmu dalam penggarapan skripsi. “Harapannya dengan adanya klinik skripsi ini dapat memudahkan rekan-rekan mahasiwa untuk menyelesaikan skripsi, dan tidak lagi ada rasa takut dibenak mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi,” paparnya.

Melihat perkembangan mahasiswa yang lulus tidak sebanding dengan jumlah mahasiswa yang masuk terkadang menjadikan permasalahan tersendiri bagi pihak jurusan dalam menangani permasalahan tersebut. Dan dari sebagian mahasiswa yang belum lulus mempermasalahkan dalam kesulitan meyelesaikan tugas akhir atau skripsi.

Dr. Suranto dalam sambutannya mengungkapkan, pihak jurusan sepenuhnya akan mendukung kegiatan tersebut. Pihak jurusan juga akan memfasilitasi ruangan yang nyaman untuk mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Selain fasilitas ruangan, pihak jurusan akan memaksimalkan pendampingan dari dosen. “Diharapkan dengan adanya klinik skripsi ini akan semakin membantu mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi, dan diperlukan sinergi antara mahasiswa dan dosen dalam penyelesaian skripsinya,” jelasnya.