Mahasiswa FH UMY Raih Juara 2 Debat Konstitusi Regional Tengah

Mei 4, 2016 oleh : BHP UMY

IMG-20160504-WA0000

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang telah berhasil meraih juara kedua dalam kompetisi debat konstitusi mahasiswa regional tengah yang diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pada tanggal 26 hingga 28 April 2016 bertempat di Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM). Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh M. Hazyar Arumbinang anggota tim debat FH UMY ketika ditemui BHP pada Selasa (3/4).

Pada kompetisi tersebut tim debat FH UMY berhasil mengalahkan 24 tim lainnya. “Seleksi awal kompetisi tersebut yaitu kami mengirimkan artikel dengan tema “Presidensial Threshold dalam Pemilu Serentak 2019”, setelah itu kami dibagi menjadi delapan group dan tim debat UMY satu group dengan tim dari UGM, UNDIP, UIN Jakarta, UNS, Universitas Pancasila, Universitas Bhayangkara, dan IPDN Jakarta,” ungkap Binang.

“Kemudian setelah babak penyisihan group, tim debat FH UMY berhasil lolos ke babak perempat final setelah melawan tim debat UNS, pada babak semifinal tim debat UMY bertemu dengan tim debat UNDIP, dan pada babak final tim debat UMY berhasil meraih juara kedua, dan juara pertama diraih oleh tim debat UIN Jakarta yang juga merupakan juara tahun lalu, dan untuk juara ketiga diraih oleh tim debat UGM,” tambah Binang.

Tim debat FH UMY yang beranggotakan M. Hazyar Arumbinang, Bagus Priyo Prasojo, dan Munandar tersebut sebelumnya pada Desember 2015 pernah meraih juara 1 dan mendapatkan penghargaan Best Speaker pada kompetisi debat yang diselenggarakan oleh PSKH UIN Yogyakarta. “Setelah ini kami akan mengikuti kompetisi debat Nasional yang akan diselenggarakan oleh MK di Bogor pada bulan Juni yang akan datang,”tutup Binang. (adam)