Mahasiswa FE UMY Raih Beasiswa Belajar Bahasa Spanyol di Kolombia

Juni 27, 2016 oleh : BHP UMY

Robi Jamil Romdhoni, mahasiswa Fakultas Ekonomi tahun 2012 berhasil mendapatkan beasiswa dari Kedutaan Besar Kolombia untuk menjalani program belajar bahasa Spanyol gratis di Kolombia. Program tersebut akan dimulai pada bulan Agustus hingga November 2016 mendatang.

Robi menyebutkan bahwa program yang dimaksud adalah IV Spanish as a foreign language course for tourist guides and undergraduate and graduate students from FEALAC South-East Asian Countries. Program tersebut ditujukan kepada mahasiswa S1 dan S2 dari 36 negara di Asia Timur dan Asia latin. Dari Indonesia sendiri terdapat 8 mahasiswa yang berhasil mendapatkan beasiswa program tersebut, dan Robi merupakan salah satunya.

“Saya mendapatkan informasi ini dari dosen UMY, Idham Badruzzaman. Beliau juga yang membatu saya menjalani proses seleksi secara online,” terang Robi. Idham Badruzsaman sendiri merupakan dosen Ilmu Hubungan Internasional UMY yang menyelesaikan studi S2 di salah satu Universitas di Spanyol.

Robi menambahkan proses seleksi dilakukan dalam dua tahap. Pertama yakni seleksi berkas, dengan mengisi application form online dan melampirkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Berkas-berkas tersebut antara lain seperti surat keterangan mahasiswa, transkip nilai, scan passport, hasil tes bahasa, hasil check up kesehatan, dan lainnya. Sedangkan seleksi kedua adalah wawancara yang dilakukan via skype.

“Program ini fully funded (dibiayai penuh). Selama berlangsungnya program, peraih beasiswa akan belajar bahasa Spanyol beserta budaya dan tradisi Kolombia di Universidad Santo Tomas seccional Bucaramanga, Kolombia,” terang Robi.

Robi juga menyampaikan bahwa ia merasa beruntung sekali berhasil mendapatkan beasiswa program ini. “Sampai sekarang masih tidak percaya bisa lolos. Saya senang dan sangat bersyukur sekali,” ujar Robi.

Disamping itu, Kepala Urusan Mahasiswa Internasional di Biro Kerjasama UMY, Idham Badruzaman, S.IP., M.A. menyatakan bahwa program pertukaran mahasiswa ke Spanyol merupakan embrio pertama bagi mahasiswa UMY untuk belajar bahasa asing selain bahasa Inggris, Arab, Perancis, dan China. “Bahasa Spanyol adalah bahasa resmi kedua di Amerika Serikat dan merupakan bahasa mayoritas Amerika Latin,” jelas Idham.

Idham juga positif dengan prestasi yang diraih Robi dapat mendorong mahasiswa UMY lainnya untuk mencari beasiswa ke luar negeri. “Harapannya ke depan, UMY akan menjadi semakin kuat dengan berkembangnya bahasa asing yang dapat dipelajari dan dikuasai oleh mahasiswanya. Dan mahasiswa UMY dapat berkesempatan lebih banyak berkarir di negara-negara Amerika Latin, Spanyol, dan Amerika Serikat,” tutup Idham. (Deansa)

Sharing is caring!