Mahasiswa Farmasi UMY Kembali Juarai Olimpiade Farmasi Indonesia 2017

Mei 2, 2017 oleh : BHP UMY

Mahasiswa Program Studi Farmasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menorehkan prestasi di tingkat Nasional. Kali ini, pada kompetisi bertajuk Pharmacito Olfarnesia 2017 (Olimpiade farmasi indonesia 2017), yang diselenggarakan di UMY, tim Farmasi UMY berhasil menjadi juara 1.

Dalam kompetisi tersebut, perwakilan Farmasi UMY tergabung dalam sebuah tim bernama tim Komandan, yang beranggotakan tiga mahasiswa yakni Komarudin, Aiyun Astiyani, dan Danang Aji. Menurut penuturan Komarudin, saat diwawancarai pada Selasa (02/05), timnya sudah berkali-kali berhasil meraih prestasi baik di tingkat lokal hingga nasional sejak tahun 2015 silam.

“Tim kami terbentuk secara tidak sengaja sejak tahun 2015. Sejak saat itu kami selalu mengikuti ajang kompetisi-kompetisi di bidang Ilmu Kedokteran dan Kesehatan serta Farmasi. Kompetisi Pharmacito Olfarnesia 2017 akan menjadi kompetisi kami yang terakhir. Pada kompetisi yang diadakan 28 hingga 29 April ini, kami berhasil menjadi juara 1 mengalahkan tim dari UGM dan UNPAD yang mendapatkan juara 2 dan 3,” jelas Komar.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Komar, dalam Pharmacito Olfarnesia 2017 diikuti oleh 40 tim yang merupakan perwakilan dari 17 Universitas di Indonesia. Olimpiade yang dimaksud merupakan kali kedua yang telah diselenggarakan oleh Program Studi Farmasi UMY. Lomba terdiri dari babak penyisihan CBT (Computer-Based-Test) dengan 100 soal dalam dua jam dan diambil 12 tim terbaik. Selanjutnya babak perempat final PCE (Patient Conseling Event) yang terdiri dari konseling dokter, swamedikasi, dan penggunaan alat.

“Selanjutnya diambil lima tim terbaik di babak semifinal yaitu IPE (interprofessional Education) dan selanjutnya diambil 3 tim terbaik di babak final yaitu LCC (Lomba Cerdas Cermat). Tiga tim terbaik adalah UMY, UGM, UNPAD. Dalam babak rebutan terdiri dari soal wajib, soal lemparan, dan soal rebutan. Dan hasil akhir UMY menjadi juara satu dengan total point 175, UGM juara 2 dengan total point 135, dan UNPAD juara 3 dengan total point 90,” terang Komar.

Komar berharap selanjutnya akan muncul kelompok-kelompok dari mahasiswa UMY pada umumnya dan mahasiswa prodi Farmasi pada khususnya, yang mampu menorehkan banyak prestasi bagi UMY terutama di bidang akademik. “Karena sekarang tim kami sudah memasuki semester 8, maka kami harus lebih fokus untuk mengejar wisuda di Bulan Juli mendatang. Sehingga harapannya akan lebih banyak tim dari mahasiswa UMY yang mampu menorehkan prestasi lebih dari kami,” ujar Komar.

Prestasi yang telah ditorehkan oleh Tim Komandan sendiri terhitung cukup banyak sejak tahun 2015. Komar menyebutkan prestasi yang dimaksud antara lain: Juara 1 Pharmadays UGM 2015, Self Medication Tournament OFKI BATAM 2015, Pharmacito OLFARNESIA Yogyakarta 2016, Juara 1 Debat Kefarmasian OFKI BALI 2016, Juara 1 LKTI OFKI BALI 2016, Juara 3 Cerdas Cermat Farmasi OFKI BALI 2016, Best Speaker Debat Kefarmasian OFKI BALI 2016, Juara UMUM 2 OFKI BALI 2016, dan Juara 1 Pharmacito OLFARNESIA Yogyakarta 2017. (deansa)