Mahasiswa Belanda Selesaikan Penelitiannya Di UMY

Desember 26, 2018 oleh : BHP UMY

Alice Consolaro dan Mariana Tapia yang merupakan mahasiswi pascasarjana Eindhoven University of Technology (TU/e) telah selesai melakukan program internship di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Program internship ini merupakan kerjasama lanjutan yang sudah terjalin antara UMY dan TU/e mengenai Capacity Building di bidang energi.

Proyek yang sudah berjalan selama enam tahun antara UMY dan TU/e tersebut memiliki tujuan untuk membangun dan memperkuat kapasitas kelembagaan dan manusia dalam perumusan kebijakan energi. Alice yang berasal dari Italia dan Mariana dari Meksiko telah meneliti dampak dari proyek tersebut, dan hasil dari penelitian yang mereka lakukan itu akan dijadikan data akhir studi mereka di TU/e. “Setelah ini kami akan mengerjakan laporan dari proyek yang sudah kami teliti. Laporan hasil penelitian itu akan segera kami kumpulkan di TU/e,” tutur Alice yang ditemui dalam acara farewell di Warung Pohon, Kamis (29/11).

Alice dan Mariana menjalani program internship ini selama tiga bulan mulai dari September hingga November. Bukan hanya di UMY saja, mereka juga mengunjungi Universitas Diponegoro (UNDIP) di Semarang dan Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan. Ketiga universitas itu merupakan bagian dari proyek Capacity Building di bidang energi. Dari tiga universitas berbeda yang sudah menjadi tempat pengumpulan data laporan penelitiannya, Alice mengaku UMY memiliki keistimewaan tersendiri dan paling berkesan.

“Dari universitas yang saya datangi di Indonesia, UMY sangat berkesan. Karena UMY adalah universitas yang saya datangi pertama kali. Fasilitas kantor yang ada terutama di gedung Pascasarjana UMY, sangat lengkap dan memadai. Sehingga kami memiliki kebebasan akses untuk mencari sesuatu apapun yang kami butuhkan dan menunjang penelitian. Begitu juga dengan kantin yang dimiliki UMY, kami tidak memiliki banyak masalah dengan menu masakan Indonesia yang tersedia di sana. Tempatnya sangat mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh dari kantor kami, jadi ini adalah pengalaman menarik untuk kami,” sambung Alice.

Kedua mahasiswi asal Universitas Eindhoven (TU/e) itu akan kembali ke Belanda pada Minggu (2/12). Alice dan Maria dilepas pada acara pelepasan di Warung Pohon, yang dihadiri oleh Sri Atmaja P. Rosyidi, ST., MSc.Eng., Ph.D., PE dan Ir. Tony Khristanto Hariadi, MT selaku dosen pembimbing dan pengelola Pusat Studi Energi UMY. “Saya berterima kasih kepada pascasarjana yang sudah menyambut kami dengan baik, dan banyak membantu kami. Semoga kerja sama ini bisa bermanfaat bagi kami dan UMY juga,” tutup Alice dan Maria. (Habibi)