Mahardika Bakti Nusantara Gelar Panggung Rakyat

Agustus 25, 2017 oleh : BHP UMY

Sorong – Mahasiwa Kuliah Kerja Nyata Mandiri (KKN) Mandiri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang tergabung dalam tim Mahardika Bakti Nusantara (MBN) angkatan ke- 2 yang diterjunkan di Kampung Warmon Kokoda, Distrik Mayamuk, Papua Barat sukses menggelar Panggung Rakyat pada Selasa (22/7) malam. Acara yang merupakan puncak dari rangkaian kegiatan memeriahkan Dirgahayu RI ke-72 kali ini dihelat di Kampung Makbusun Jl. Herlina Distrik Mayamuk.

Panggung Rakyat kali ini turut dihadiri oleh Sekretaris Distrik Mayamuk Muhammad Choirul Asyik, dan Kepala Desa dari Desa Warmon Kokoda dan Kepala Desa Kampung Makbusun. Syamsudin Namugur selaku kepala Desa Kampung Warmon Kokoda mengatakan bahwa acara Panggung Rakyat seperti ini akan menjadi ajang akulturasi budaya dari kedua desa. Karena salah satu desa merupakan desa dengan masyarakat asli Papua dan satu desa lagi adalah warga transmigran.

Musik Bambu, tari Aster, puisi dan kesenian lainnya turut memeriahkan Panggung Rakyat malam itu. Lebih dari 400 orang memenuhi halaman panggung, tua muda dewasa bercengkrama ria sambil menikmati hiburan dan berbagai pertunjukan. Acara dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibawakan oleh Cecep Syaifudin Namugur yang merupakan Qira’ dari Kampung Warmon Kokoda. Selain itu diumumkan pula pemenang dari berbagai perlomaan yang diadakan menjelang hari Kemerdekaan yang selanjutnya diakhiri dengan menonton Video Rangkaian Hari Kemerdekaan.

Dalam sambutannya, ketua panitia acara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72, Ade Kurniawan mengatakan bahwa dengan adanya Penggung Rakyat ini diharapkan akan menambah keharmonisan kedua desa yang nantinya akan tercipta iklim saling mengerti dan saling menghargai antar masyarakat. Ia juga menambahkan bahwa MBN mengambil tema “Menggapai Mimpi Dalam ke-Bhinneka-an”. “Maksud dari tema tersebut adalah semua masyarakat, khususnya semua anak-anak dari Sabang sampai Merauke di seluruh Indonesia berhak memiliki mimpi, asa, dan cita yang sama untuk masa depan yang lebih baik,” tutupnya.

Sharing is caring!