Magister HI UMY Berhasil Terakreditasi “B”

Agustus 6, 2014 oleh : BHP UMY

Bulan Juli 2014 merupakan bulan keberuntungan Magister Politik dan Hubungan Internasional (MPHI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Sebab bulan Juli 2014 MPHI resmi terakreditasi “B”. “Saya merasa senang dengan hasil akreditasi ini,” jelas Dr. Surwandono, M.Si. selaku Kepala Prodi MPHI saat diwawancarai via telfon pada Rabu (6/8).

Dr. Surwandono menjelaskan bahwa proses persiapan pengakreditasian membutuhkan waktu 1 tahun. Pada bulan Juli 2013 kami mengumpulkan berkas-berkas untuk memenuhi penilaian dari BAN-PT untuk dikirimkan ke Jakarta. Untuk pengiriman kami lakukan pada bulan Januari 2014. Selama menunggu jadwal visitisasi kami mempersiapkan untuk menyambut asesor untuk melakukan penilaian yang akan dilakukan pada bulan Mei 2014, ” jelasnya.

Semua pihak ikut terlibat baik dosen, mahasiswa, dan karyawan, bahkan pihak eksternal pun turut membantu yaitu persiapan akreditasi, seperti tim di unit perpustakaan, pasca sarjana, unit pendukung Biro SDM, dan Biro Humas. “Untuk melengkapi dokumen-dokumen setiap dosen di MPHI ikut membantu, sedangkan untuk mahasiswa ikut membantu dengan melibatkan diri mengikuti seminar nasional dan internasional,” paparnya.

Ada perbedaan penilaian dari BAN-PT antara S1 dan Magister, yaitu untuk tingkat pasca sarjana semua dosen wajib Doktor selain itu jumlah penelitian semua dosen dan mahasiswa wajib memiliki 1 karya ilmiah. “Kami berencana setelah ini akan lebih meningkatkan kualitas mahasiswa sehingga nantinya akan tersiptanya para alumni yang berkualitas dibidangnya, serta meningkatkan publikasi untuk para calon mahasiswa baru,” jelasnya.

Setelah akreditasi ini jumlah peminat calon mahasiswa akan semakin banyak baik di pulau Jawa maupun di luar pulau Jawa sehingga MPHI perlu meningkatkan kualitas dan kuantitas baik dari segi dosen maupun fasilitasnya. Dr. Surwandono berharap nantinya dosen akan lebih meningkatkan kualitas standar akademik untuk mahasiswanya karena jika tidak maka kemungkinan akreditasi tidak akan lebih baik dari sebelumnya.

Sharing is caring!