LPPI UMY Selenggarakan OSDI Bagi 6300 Maba UMY

September 4, 2013 oleh : BHP UMY

Dalam rangka mewujudkan komitmen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk menjadikan mahasiswa serta alumninya sebagai sarjana yang unggul dan islami, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMY) kembali menyelenggarakan Orientasi Dasar Studi Islam (OSDI) bagi 6300 mahasiswa baru. Adanya kegiatan ini diharapkan mampu memupukkan sikap dan keterampilan hidup mahasiswa dengan karakter kuat yang didasarkan pada nilai-nilai dasar Islam. Selain itu, setiap mahasiswa UMY juga diarahkan untuk menjadi seseorang yang memiliki pemahaman Islam dan pengamalan Islam yang benar, serta berkemajuan sesuai al-Qur’an dan As-Sunnah.

Demikian pernyataan dari Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMY, Dr. M. Khairuddin Hamsin, Lc, LLM saat ditemui pada Selasa (3/9). Khairuddin menyampaikan hal tersebut di sela-sela kesibukannya mempersiapkan Orientasi Dasar Islam (OSDI) bagi mahasiswa baru UMY, yang akan dilaksanakan pada hari Kamis (5/9) dan Jum’at (6/9).

Menurut Khairuddin, untuk mewujudkan komitmen yang telah dirumuskan itu, maka setiap mahasiswa akan mendapatkan proses pendidikan dan pembinaan keislaman di kampus. Baik secara formal maupun informal, kurikuler maupun non kurikuler, seperti Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), Orientasi Studi Dasar Islam (OSDI), Bimbingan Baca Al-Qur’an, Pendampingan Agama Islam (PAI), Kuliah Intensif Al-Islam (KIAI),  dan lain-lain.

“Proses pendidikan dan pembinaan keislaman bagi mahasiswa ini diawali dengan kegiatan Orientasi Studi Dasar Islam (OSDI). Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib bagi setiap mahasiswa baru dan bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar mengenai nilai dasar ajaran Islam, dan menumbuhkan kesadaran agar Islam dapat dijadikan pilihan hidup serta sumber motivasi untuk menjalani proses perkuliahan di UMY,” papar Khairuddin.

Adapun kegiatan OSDI UMY tahun 2013 yang diikuti oleh 6300 mahasiswa baru dan akan akan dilakukan seharian penuh, dari pukul 06.00 – 17.00 Wib di Kampus Terpadu UMY. “Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yakni Kamis dan Jum’at. Hari Kamis kami khususkan untuk maba putri dan hari Jum’atnya untuk maba putra.  Kami juga dibantu oleh para pemandu dari kalangan mahasiswa senior yang dikoordinir oleh Korkom IMM UMY” imbuh Kepala LPPI UMY ini lagi.

Kegiatan ini di samping melibatkan 500 pemandu mahasiswa dari berbagai fakultas, juga melibatkan 40 Dosen UMY dari berbagai fakultas dan disiplin ilmu untuk menjadi pemateri. Selain itu, kegiatan ini juga akan menghadirkan Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan dr. Agus Taufiqurrahman, S.S, M.Kes, Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, untuk memberikan materi tentang “Motivasi Beragama dan Kuliah dengan Sukses”.